Mengenal Manfaat LASIK Mata, Prosedur Hingga Biayanya



Lasik mata, singkatan dari Laser-Assisted In Situ Keratomileusis, adalah prosedur bedah untuk mengoreksi kelainan refraksi mata, seperti rabun jauh, rabun dekat dan astigmatisme. 

Prosedur ini menggunakan sinar laser untuk mengubah bentuk kornea, bagian bening di depan mata. Dengan begitu, cahaya yang nantinya masuk bisa fokus tepat di retina dan menghasilkan penglihatan lebih jelas.

Ini merupakan alternatif bagi orang yang ingin terbebas dari kacamata atau lensa kontak. Prosedur ini umumnya aman dan efektif dengan tingkat keberhasilan yang tinggi.

Apa itu LASIK Mata?

LASIK, singkatan dari Laser-Assisted In Situ Keratomileusis, merupakan prosedur bedah mata yang telah berkembang pesat selama beberapa dekade. 

Berawal dari penelitian dan percobaan di tahun 1980-an, metode ini kini menjadi solusi populer untuk memperbaiki penglihatan. Fungsinya untuk membebaskan penggunanya dari kacamata dan lensa kontak.

Tahun 1990-an, LASIK sudah diperkenalkan menggunakan laser excimer guna membentuk kembali bagian kornea dengan cara permanen. Teknologi ini terus berkembang dengan hadirnya teknologi muka gelombang (wavefront) di tahun 1999. Teknologi ini memungkinkan analisis peta kornea lebih presisi, menghasilkan prosedur LASIK yang unik dan personal bagi setiap pasien.

Keberhasilan dari prosedur kesehatan ini tidak hanya bergantung pada teknologinya, tetapi juga pada kandidat pasien itu sendiri. 

Pemeriksaan menyeluruh oleh dokter mata akan menentukan apakah seseorang cocok untuk menjalaninya, dengan mempertimbangkan kebutuhan klinisnya. Konsultasi pra-LASIK sangatlah penting untuk memahami prosedur, efek samping dan perawatan pasca operasi.

Keputusan untuk menjalani prosedur haruslah didasari oleh informasi yang lengkap dan pertimbangan matang. Konsultasi dengan dokter mata terpercaya akan membantu menentukan apakah LASIK adalah pilihan yang tepat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Prosedur LASIK

Berikut ini adalah 3 langkah prosedur yang dilakukan, antara lain:

1. Pemetaan Kornea

Sebelumnya, dokter akan melakukan pemetaan kornea 3D untuk analisis muka gelombang. Teknologi ini menghasilkan gambaran visual 3D dan mengukur ketidaksempurnaan mata dengan presisi tinggi.

2. Flap Personal

Selanjutnya, flap personal dibuat dengan iFS Advanced Femtosecond Laser. Laser ini membuat flap yang tipis dan halus, sesuai dengan bentuk mata.

3. Koreksi Penglihatan

Langkah terakhir adalah koreksi penglihatan dengan Laser Excimer. Laser ini membentuk kembali kornea berdasarkan data pemetaan dan informasi koreksi. Flap kemudian diposisikan ulang dan prosedur selesai.

Prosedur LASIK dirancang secara personal untuk setiap pasien, memberikan hasil penglihatan yang optimal dan presisi.

Pemeriksaan Pra-LASIK

Sebelum menjalani pengobatan melalui prosedur ini, maka akan menjalani 8 pemeriksaan. Pemeriksaan tersebut meliputi refraksi, topografi kornea, tekanan intraokular, produksi air mata, specular microscope, ketebalan kornea, pemeriksaan laboratorium serta pemeriksaan mata fisik.

Hasil pemeriksaan ini akan membantu dokter menentukan apakah kandidat cocok untuk dan siap untuk prosedur ini.

Rincian Pemeriksaan:

  • Refraksi: mengukur kekuatan lensa yang dibutuhkan untuk mengoreksi penglihatan.
  • Tekanan intraokular: mengukur tekanan di dalam mata.
  • Topografi kornea: memetakan bentuk kornea.
  • Produksi air mata: mengukur jumlah air mata yang dihasilkan.
  • Ketebalan kornea: mengukur ketebalan kornea.
  • Specular microscope: memeriksa kesehatan sel-sel kornea.
  • Pemeriksaan laboratorium: memeriksa kesehatan secara umum.
  • Pemeriksaan mata fisik: memeriksa kesehatan mata secara keseluruhan.

Dokter akan menjelaskan hasil pemeriksaan dan mendiskusikan pilihan terbaik untuk kandidat.

Keunggulan LASIK di KMN EyeCare Dibandingkan Konvensional

Berikut ini keunggulan LASIK di KMN EyeCare, antara lain:

  • Keamanan: Prosedur di KMN EyeCare menggunakan teknologi laser femtosecond yang canggih dan telah mendapat persetujuan FDA. Teknologi ini memungkinkan pembuatan flap yang lebih tipis dan presisi serta mengurangi risiko komplikasi.
  • Presisi: Setiap prosedur di KMN EyeCare dipersonalisasi berdasarkan peta diagnostik kornea pasien. Peta ini dibuat dengan teknologi muka gelombang (wavefront) yang mengukur bagaimana gelombang cahaya dibelokkan ketika mereka melalui kornea. Hasilnya, koreksi penglihatan yang lebih akurat dan optimal dapat dicapai.
  • Penyembuhan: Flap yang dibuat dengan laser femtosecond lebih cepat sembuh dan menempel pada kornea dengan lebih kuat. Hal ini memungkinkan pasien untuk kembali ke aktivitas normal lebih cepat.

Keuntungan Lainnya:

  • Prosedur tanpa pisau, minim rasa sakit dan pemulihan yang cepat.
  • Hasil yang optimal dan tahan lama.
  • Teknologi mutakhir dan dokter yang berpengalaman.

Biaya LASIK di KMN EyeCare

Biaya ini mungkin menjadi salah satu pertimbangan utama bagi yang ingin terbebas dari kacamata atau lensa kontak. Komitmen KMN EyeCare untuk memberi layanan terbaik dan berkualitas dengan harga terjangkau.

Biaya di KMN EyeCare:

  • Satu mata: Rp 15.000.000
  • Dua mata: Rp 30.000.000

Biaya pemeriksaan Pra LASIK:

  • Sekitar Rp 7.000.000

Biaya ini sudah termasuk:

  • Biaya Administrasi
  • Biaya Pemeriksaan Awal

Total biaya untuk dua mata:

  • Kurang lebih Rp 37.000.000
  • Biaya kedua mata, belum termasuk Konsultasi Dokter.

LASIK mata di KMN EyeCare menawarkan solusi yang aman, presisi dan cepat untuk meningkatkan penglihatan. Teknologi mutakhir dan dokter berpengalaman memastikan hasil yang optimal dan tahan lama.


Artikel Terkait :