Pendaftaran Jalur Mandiri, Jadwal, Biaya, Hingga Persyaratannya

Masuk ke Perguruan Tinggi Negeri atau PTN, dapat melalui berbagai jalur seleksi. Setelah pendaftaran mahasiswa baru melalui jalur nasional seperti SNMPTN dan SBMPTN, masing-masing perguruan tinggi di bawah Kemenristekdikti membuka pendaftaran jalur mandiri. Sedangkan untuk Perguruan Tinggi Negeri atau PTN di bawah Kementerian Agama, jalur mandiri dapat kamu ikuti setelah jalur SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN.

Jalur mandiri sendiri merupakan seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri yang dilaksanakan secara mandiri oleh masing-masing perguruan tinggi tersebut. Mulai dari proses pendaftarannya, hingga proses pengumumannya dilakukan secara mandiri.

Jadwal Pelaksanaan Pendaftaran Jalur Mandiri

Setiap perguruan tinggi, memiliki jadwal pelaksanaan jalur mandiri masing-masing. Namun, ada pula perguruan tinggi yang melaksanakannya secara serempak.

Selain jadwal pelaksanaannya, kebijakan jenis tes yang dapat calon mahasiswa ikuti pun juga berbeda-beda. Untuk mendapatkan informasi mengenai jadwal pelaksanaan jalur mandiri ini, silakan kunjungi website resmi masing-masing perguruan tinggi.

Ada baiknya, kamu mencatat setiap tanggal penting pelaksanaan jalur mandiri tersebut. Terutama setelah jalur seleksi nasional sudah berakhir. Namun, penting kamu ingat juga, beberapa perguruan tinggi ada melaksanakan jalur mandiri sebelum pengumuman SBMPTN. Intinya, agar tidak ketinggalan informasi, kamu harus selalu update berita terbarunya.

Biaya Pendaftaran

Biaya pendaftaran jalur mandiri setiap perguruan tinggi berbeda-beda. Umumnya, biaya untuk mengikuti jalur mandiri di perguruan tinggi ini berkisar antara Rp 100.000 hingga Rp 400.000.

Bagi kamu calon pendaftar, ada baiknya untuk selalu mencermati ketentuan pembayaran biaya seleksinya. Terutama berdasarkan kelompok ujian yang akan kamu ikuti.

Selain itu, beberapa Perguruan Tinggi Negeri juga memberikan keringanan kepada calon peserta melalui KIP Kuliah atau KIP-K. Bila kamu ingin mendapatkan keringanan biaya pendaftaran tersebut, tidak ada salahnya untuk mendaftar sebagai penerima KIP Kuliah.

Syarat Pendaftaran Jalur Mandiri

Ada beberapa syarat yang kamu penuhi sebagai calon mahasiswa baru bila ingin mengikuti jalur mandiri. Umumnya, jalur mandiri ini diperuntukan bagi calon mahasiswa yang ingin mendaftar pada kelompok, saintek, soshum, maupun campuran.

Syarat yang harus kamu cermati meliputi tahun kelulusan yang mendapatkan izin untuk mendaftar, mata pelajaran, nilai sesuai syarat, prestasi pendukung, hingga kondisi kesehatan calon pendaftar. Untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap dan detail terkait persyaratan tersebut, kamu bisa langsung mengunjungi website kampus atau universitas tempat kamu ingin mendaftar.

Dokumen yang Harus Dipersiapkan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jika masing-masing universitas akan membuka pendaftaran jalur mandiri. Berdasarkan hal inilah, setiap perguruan tinggi memiliki ketentuan dokumen atau berkas yang berbeda-beda.

Dengan kata lain, dari satu perguruan tinggi ke perguruan tinggi lainnya tidaklah sama. Misalnya saja, ada perguruan tinggi yang mewajibkan calon mahasiswanya menyertakan nilai UTBK, tetapi ada pula yang tidak. Namun, secara umum, ada beberapa dokumen atau berkas yang sebaiknya kamu persiapkan lebih awal, antara lain:

  1. Dokumen portofolio
  2. Ijazah
  3. Kartu Keluarga (KK)
  4. Nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK pada tahun berjalan
  5. Piagam atau sertifikat penghargaan atau bukti prestasi
  6. Rapor
  7. Slip penghasilan atau gaji orang tua
  8. Surat Keterangan Lulus atau SKL
  9. Terakhir, surat keterangan sehat

Cara Pendaftaran

Cara pendaftaran jalur mandiri sangatlah mudah. Setiap tahapannya, sudah ditentukan dari masing-masing perguruan tinggi, jadi kamu tidak perlu bingung. Secara umum, cara pendaftaran melalui jalur ini antara lain seperti berikut.

  1. Silakan kamu membuka website penerimaan jalur mandiri pada perguruan tinggi
  2. Setelah itu, kamu pilih pendaftaran jalur mandiri
  3. Kemudian, silakan kamu klik menu register atau pendaftaran
  4. Langkah selanjutnya, isilah formulir pendaftarannya
  5. Setelah itu, kamu akan mendapatkan perintah untuk mengunggah semua dokumen yang sudah kamu siapkan sebagai persyaratan
  6. Membayar biaya pendaftaran
  7. Lalu, login kembali ke website penerimaan jalur mandiri
  8. Bila sudah, cetak kartu peserta ujian jalur mandiri
  9. Jika ada, kamu akan diminta untuk mengikuti tes seleksi jalur mandiri
  10. Tunggulah pengumuman kelulusannya
  11. Jika kamu lulus, silakan melakukan pendaftaran ulang

Saat ini setidaknya ada sekitar 29 perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendaftaran jalur mandiri 2022/2023. Untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap, kamu bisa mengunjungi https://mamikos.com/info/. Kamu bisa mendapatkan informasi yang kamu cari.

Artikel Terkait :