5 Cara Ampuh Merawat Wajah Tanpa Ekstraksi Komedo

Komedo hitam atau bisa juga disebut komedo terbuka. Ekstraksi komedo merupakan cara instan untuk membersihkan komedo. Komedo merupakan pori-pori yang tersumbat biasanya sedikit timbul dan berwarna hitam. Komedo ini sering ditemukan di area hidung. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan komedo ini muncul di bagian tubuh lain seperti punggung, bahu, lengan, leher bahkan dada. Komedo hitam ini termasuk dalam jenis jerawat yang ringan.

Sebelum Ekstraksi Komedo, Lakukan Beberapa Hal Ini!

Penyebab komedo hitam muncul disebabkan oleh folikel rambut tersumbat. Folikel tersebut berisi kelenjar sebasea dan rambut, untuk berguna untuk menjaga kulit agar tetap lembut. Karena terkontaminasi dengan udara luar yang kotor akan terbentuk sumbatan di pori. Sumbatan sebum dan kulit mati akan menyebabkan warna hitam atau komedo.

Komedo ini bukan terbentuk dari bakteri melainkan berasal dari tumpukan sebum yang berlebih. Anda tentu merasa minder dengan adanya komedo hitam di wajah. Ekstraksi menjadi sebuah pilihan praktis untuk membersihkan kotoran di pori-pori. Cara merawat komedo hitam antara lain di bawah ini:

1. Menggunakan Salicylic Acid

Jika Anda ingin menghilangkan komedo hitam, Salicylic Acid adalah solusinya. Dengan salicylic acid yang mengandung asam pengeksfoliasi lembut ini membantu membuka sumbatan serta menekan penumpukan sel-sel kulit mati serta menggantinya dengan kulit baru yang sehat.

2. Jangan Menarik Komedo Sendiri

Dengan menarik komedo sendiri akan sangat beresiko karena selain tangan tidak steril juga akan membuat komedo kecil menjadi iritasi kulit. Hindari untuk menggunakan cairan berbahan keras karena akan menimbulkan masalah baru.

3. Kunjungi Ahli Dermatologi

Untuk menambah rasa aman Anda bisa mengunjungi ahli dermatologi. Dengan mengunjungi tempat tersebut Anda dapat melakukan ekstraksi dengan peralatan yang steril untuk kasus ekstrim. Atau bisa juga dengan meminta obat resep perawatan seperti retinoid (adapalene).

4. Jangan Menggunakan Astringent yang Kuat Serta Scrub

Saat wajah terlihat kotor kemudian Anda menyerang dengan scrub akan menyebabkan kulit semakin berminyak, menimbulkan kemerahan serta dapat menimbulkan iritasi.

5. Hindari Strip Pori

Jika Anda memiliki kulit sensitif sebaiknya hindari menggunakan strip pori. Meskipun menawarkan dapat membuka sumbatan tetapi nyatanya hanya mengangkat bagian permukaan saja.

Kunci terpenting untuk merawat komedo adalah dengan kesabaran. Karena merawat komedo hitam akan memerlukan waktu yang relatif lama agar mendapatkan hasil maksimal. Jika memang Anda menginginkan ekstraksi komedo, lebih baik diserahkan kepada tenaga profesional sehingga tidak menyebabkan iritasi kulit.

Artikel Terkait :