Aplikasi Psikotes Online - Kebutuhan Utama Rekruiter Saat Ini

Perkembangan teknologi telah membawa banyak perubahan dalam berbagai bidang, salah satunya pada proses rekrutmen pegawai di sebuah perusahaan. Memilih kandidat SDM yang berkualitas umumnya melalui serangkaian tes yang sudah ditentukan oleh perusahaan. Selain proses administrasi dan wawancara, proses penerimaan calon karyawan juga melalui tahapan psikotes terlebih dulu. Jika dulu tes psikologi dilakukan secara offline, kini banyak perusahaan yang menerapkan psikotes online dalam tahapan seleksi penerimaan pegawainya. Nyatanya, cara ini dianggap lebih efektif, praktis, dan menghemat biaya rekrutmen. Simak manfaat lain dari tes psikologi online dalam artikel berikut ini.

SAATNYA BERALIH KE PSIKOTES ONLINE

Teknologi banyak memberi kemudahan di dalam setiap lini kehidupan. Penerapan teknologi juga dimanfaatkan untuk proses seleksi karyawan. Jika dulu pemilihan kandidat calon pegawai dilakukan secara langsung, kini banyak perusahaan yang sudah beralih dengan metode online. Dalam prakteknya, perubahan sistem tes psikologi yang kini bertransformasi ke metode daring memberikan manfaat besar untuk perusahaan. Berikut ulasannya.

Efektif dan Efisien

Rekrutmen pegawai biasanya dilakukan oleh pihak HRD, atau vendor psikotes yang ditunjuk oleh perusahaan. Dalam perkembangannya, proses tes psikologi kini dilaksanakan secara online untuk menghemat waktu dan biaya. Memang ada banyak hal baru yang harus dipelajari pihak recruiter dalam pelaksanaannya terutama yang berkaitan dengan cara mengoperasikan aplikasi psikotes online. Setelah menguasainya, pihak recruiter selanjutnya langsung bisa menguji calon kandidat melalui psikotes tersebut. Cara ini nyatanya membuat proses seleksi pegawai berjalan lebih cepat, efekti, dan efisien.

Meminimalisir Kesalahan dari Pihak Recruiter

Risiko kesalahan juga bisa diminimalkan melalui psikotes online ini. Tentunya, hal ini akan mempengaruhi hasil psikotes yang lebih akurat dan berkualitas berkat bantuan perangkat teknologi. Proses seleksi penerimaan pegawai yang dilakukan secara offline memang rawan terjadi kesalahan karena dilakukan secara manual. Oleh sebab itu, penggunaan aplikasi psikotes ini jadi solusi terbaik dalam menekan risiko kesalahan tersebut. Sehingga, perusahaan pun berhasil menjaring calon kandidat yang benar-benar sesuai dengan kriteria dan kebutuhan perusahaan.

Jenis Psikotes Sesuai dengan Kebutuhan Perusahaan

Nyatanya tidak semua psikotes yang diberikan ke para kandidat yang melamar ke perusahaan itu sesuai dengan posisi pekerjaan yang dibutuhkan. Hal ini jadi urusan penting yang harus diperhatikan rekruiter agar kedepannya lebih jeli dalam menentukan jenis psikotes dengan deskripsi pekerjaan yang ditawarkan. Sehingga proses seleksi pun lebih tepat sasaran dan tidak sekedar formalitas saja. Penggunaan aplikasi psikotes online ini, diharapkan benar-benar mampu menguji kompetensi dan keahlian kandidat. Soal psikotes bisa  dibuat secara khusus sesuai keinginan perusahaan berdasarkan karakteristik pekerjaan yang dibuka oleh perusahaan.

Lebih Praktis

Psikotes yang dilakukan secara online memang lebih praktis jika dibandingkan dengan psikotes konvensional. Dengan sentuhan teknologi di dalamnya, psikotes online menawarkan panduan menjawab yang jelas serta dilengkapi dengan timer atau batasan waktu. Jadi, rekruter pun tidak perlu repot-repot lagi dalam menentukan batasan waktu saat tes  psikologi berlangsung. Kemudahan ini tak hanya dirasakan oleh pihak rekrutmen saja, tapi juga bagi para kandidat yang melamar.

Hemat Biaya

Selain praktis, mudah, dan efisien, psikotes yang dilakukan secara daring juga menghemat biaya operasional yang mesti dikeluarkan perusahaan. Psikotes konvensional umumnya membutuhkan banyak kertas karena banyaknya jumlah tes psikologi yang harus dilalui para kandidat. Namun, hal ini sudah tidak diperlukan lagi jika Anda menggunakan sistem online dalam proses rekrutmen.

Begitu banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan melalui tes psikologi online. Oleh sebab itu, segera tinggalkan proses rekrutmen konvensional dan beralihlah ke tes psikologi online. Berkat bantuan aplikasi soal psikologi online tersebut. Maka  proses psikotes dapat berlangsung lebih praktis dan efektif dengan hasil tes yang lebih akurat.

Percayakan proses rekrutmen perusahaan Anda hanya kepada NS Development. NS Development merupakan vendor psikotes online berpengalaman yang menggunakan lebih dari 15 jenis tes dalam proses seleksi calon karyawan. Dengan aplikasi psikotes online, hasil psikotes dapat diketahui secara real time dan bisa diakses baik oleh perusahaan dan kandidat. Kunjungi website resmi NS Development untuk mengetahui informasi selengkapnya. 

Artikel Terkait :