PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PERHUBUNGAN KOTA BANDAR LAMPUNG


ABSTRAK: Keberadaan sumber daya manusia di dalam suatu instansi memegang peranan sangatpenting. Tenaga kerja memiliki potensi yang besar untuk menjalankan aktivitas instansi.Berbicara pegawai, diperlukan suatu upaya dan faktor-faktor yang dapat meningkatkankinerjanya, salah satunya adalah dengan meningkatkan motivasi kerja seorang pegawai yang memiliki motivasi kerja tinggi maka akan menghasilkan kinerja yang tinggi pula, selain itu dengan adanya dorongan atau pemberian motivasi dari organisasi terhadap pegawai diharapkan pegawai dapat lebih bersemangat dalam bekerja yang pada akhirnya diharapkan mampu meningkatkan kinerja pegawai.
Gaya kepemimpinan yang termasuk di dalam lingkungan organisasi merupakan faktorpotensi dalam meningkatkan kinerja pegawai. Gaya kepemimpinan, pada dasarnyamengandung pengertian sebagai suatu perwujudan tingkah laku dari seorang pemimpin, yang menyangkut kemampuannya dalam memimpin dan mendiskripsikan karakteristikpegawai dalam rangka menggerakkan bawahan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan dan motivasi terhadap kinerja pegawai pada Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung Baik secara parsial maupun secara simultan. teknik pengumpulan data melalui observasi,wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini adalah pegawai pada Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung yang berjumlah 63 orang. Dalampenelitian ini penulis menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ,bahwa penelitian ini mendukung hipotesis yang diajukan , dimana Secara umum hasil penelitian ini: 1) Ada pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja pegawai sebesar 78,1%.. 2) Ada pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerjapegawai dari taraf signifikan sebesar 75,6. 3) Motivasi kerja dan gaya kepemimpinan secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja pegawai dari tingkat signifikan sebesar 79,3%. Sehingga dalam hal ini perlu menyarankan untuk kemajuan Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung, yakni terdapat indikator penghargaan yang terkecil dibanding indikator lainnya responden menilai penghargaan perlu ditingkatkan bagi karyawan yang berprestasi.
Kata kunci: Motivasi kerja, gaya kepemimpinan dan kinerja pegawai
Penulis: Mirwan Karim
Kode Jurnal: jpmanajemendd161102

Artikel Terkait :