PENGARUH CAPITAL ADEQUACY RATIO, LOAN TO DEPOSIT RATIO, NON PERFORMING LOAN DAN BIAYA OPERASIONAL TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR),  Loan to Deposit Ratio (LDR), Non Performing Loan (NPL) dan Biaya Operasional terhadap Return On Assests (ROA) pada perusahaan perbankan. Dalam penelitian ini menggunakan Return On Assests (ROA) sebagai variabel dependen dan Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan to Deposit Ratio (LDR), Non Performing Loan (NPL) dan Biaya Operasional (BOPO) sebagai variabel independen. Data yang digunakan adalah data panel dengan objek perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik pengambilan sampel diperoleh dengan metode purposive sampling sehingga didapatkan 21 perusahaan perbankan selama periode 2012-2014. Hasil penelitian menunjukkan CAR tidak berpengaruh terhadap ROA, dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,287. LDR tidak berpengaruh secara signifikan terhadap ROA, dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,235. NPL tidak berpengaruh signifikan terhadap ROA, dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,172. Biaya operasional (BOPO) berpengaruh negatif signifikan terhadap ROA dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Hasil dari Uji-F menunjukkan nilai  sebesar 10,462 pada signifikansi 0,000 dan koefisien determinasi sebesar 37,9%. Hal ini berarti kemampuan variabel independen dalam menjelaskan variabel dependen sebesar 37,9%, sedangkan 62,1% dijelaskan oleh variabel independen lainnya di luar model penelitian.
Kata Kunci: Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan to Deposit Ratio (LDR), Non Performing Loan (NPL), Biaya Operasional (BOPO), Return On Assets (ROA)
Penulis: Arief Wicaksono
Kode Jurnal: jpmanajemendd161320

Artikel Terkait :