FAKTOR PEMBENTUK HUBUNGAN PADA KOMUNITAS MEREK DAN PENGARUHNYA TERHADAP LOYALITAS ALUMNI DIPLOMA III FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS LAMPUNG


ABSTRAK: Hubungan sosial yang terjalin ketika mahasiswa mengenyam pendidikan di perguruan tinggi serta tetap terjalinnya komunikasi ketika mereka menjadi alumni perguruan tinggi dapat menjadi dasar terbentuknya komunitas merek.
Penelitian ini dilakukan pada alumni Diploma III Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung. Sampel diambil dengan menggunakan metode non probability sampling dan teknikconvenience sampling. Adapun jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 orang.
Hasil analisis faktor menunjukkan bahwa hubungan interpersonal dalam komunitas merek di perguruan tinggi dibentuk oleh beberapa jenis hubungan, yaitu hubungan alumni denganproduk, hubungan alumni dengan merek, hubungan alumni dengan institusi dan hubungan antar alumni. Hasil regresi menunjukkan bahwa komunitas merek berpengaruh terhadap loyalitas alumni Diploma III Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung.
Kata Kunci: komunitas merek, loyalitas merek, hubungan interpersonal
Penulis: Roslina
Kode Jurnal: jpmanajemendd161103

Artikel Terkait :