Pengaruh Kualitas Kehidupan Kerja terhadap Komitmen Organisasi melalui Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi pada PT. Pelabuhan Indonesia III Cabang Tanjung Perak Surabaya)


ABSTRAK: Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dalam suatu organisasi pada saat ini merupakan suatu hal yang harus diperhatikan. Terlebih lagi ketika keinginan organisasi atau perusahaan untuk memiliki keunggulan bersaing menuntut mereka untuk meningkatakan kualitas sumberdaya manusia yang dimilikinya. Untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas tersebut tidak akan terlepas dari keberhasilan pihak manajemen organisasi untuk menciptakan pengelolaan sumber daya manusia yang optimal melalui motivasi kerja dan kualitas kehidupan kerja.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kualitas kehidupan kerja terhadap komitmen organisasi yang dimediasi oleh motivasi kerja (Studi pada PT. Pelabuhan Indonesia III Cabang Tanjung Perak Surabaya). Jenis penelitian ini adalah penelitian kausalitas, dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik stratified non random sampling dan di analisis menggunakan Structural Equation Modeling(SEM). Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 148 responden yang diambil dari karyawan PT. Pelabuhan Indonesia III Cabang Tanjung Perak Surabaya. Skala pengukuran dalam penelitian ini menggunakan skala likert.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh langsung yang signifikan pada variabel kualitas kehidupan kerja terhadap motivasi kerja dengan nilai 0,901. Terdapat pula pengaruh langsung yang signifikan dari variabel motivasi kerja terhadap komitmen organisasi dengan nilai 1,101. Namun tidak terdapat pengaruh langsung dari variabel kualitas kehidupan kerja terhadap komitmen organisasi dengan nilai -0,253.
Kata kunci: Kualitas Kehidupan Kerja, Motivasi Kerja, Komitmen Organisasi
Penulis: ARDI PRIAMBODO
Kode Jurnal: jpmanajemendd171021

Artikel Terkait :