PENGARUH IMPULSE BUYING DAN FREKUENSI KUNJUNGAN TERHADAP NIAT PEMBELIAN PADA SITUS TOKOPEDIA DI KOTA DENPASAR


ABSTRACT: Maraknya pembelian barang melalui dunia maya memberikan suatu hal yang baru dalam industri jual beli barang di Indonesia.  Segala keperluan seperti pakaian, alat elektronik dan kebutuhan yang lain disediakan dan diperjualbelikan dalam bentuk online. Tokopedia termasuk situs jual beli online yang mampu memberikan hal tersebut. Penggunaan iklan oleh pihak Tokopedia dalam mengenalkan situsnya tidak hanya memunculkan impulse buying dari konsumen melainkan juga kecendrungan konsumen untuk mengunjungi situs tersebut. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan pengaruh impluse buying terhadap niat beli serta menjelaskan pengaruh frekuensi kunjungan terhadap niat beli pada Tokopedia.
Penelitian ini memiliki populasi yaitu pengguna situs Tokopedia di Kota Denpasar. Penentuan sample dengan purposive sampling dengan kriteria responden merupakan pengguna situs online Tokopedia yang berdomisili di Kota Denpasar. Ukuran sampel dalam penelitian ini sebanyak 170 responden menggunakan model analisis regresi linier berganda.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa impulse buying dan frekuensi kunjungan berpengaruh positif pada situs online Tokopedia. Keterbatasan penelitian ini masih bersifat umum, sehingga data yang dihasilkan belum spesifik. Diharapkan penelitian selanjutnya bisa lebih spesifik.
Kata kunci: impulse buying, frekuensi kunjungan, niat beli, situs jual beli online
Penulis: Fariz Ramadhan, I Made Jatra
Kode Jurnal: jpmanajemendd180043

Artikel Terkait :