PENGARUH DIMENSI KUALITAS LAYANAN SISTEM PELACAKAN ON-LINE (WEB TRACE AND TRACKING) TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN


ABSTRAK: Memberikan kepuasan kepada konsumen adalah tujuan utama yang hendak dicapai semua perusahaan melalui produk dan jasanya, untuk itu perusahaan melakukan upaya memanfaatkanteknologi dengan menghadirkan layanan elektronik sistem pelacakan online (web trace and tracking) yang biasanya digunakan oleh perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengirimandan logistik, serta perusahaan retail online untuk mendukung bisnis intinya dalam rangkamemberikan kepastian informasi dan meminimalisir kekhawatiran konsumen.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dimensi kualitas layanan sistempelacakan online (web trace and tracking) yang terdiri atas dimensi keandalan/pemenuhan,desain situs web, keamanan/privasi, layanan konsumen terhadap kepuasan konsumen. Analisisdata penelitian ini menggunakan regresi liner berganda, dengan sampel sebanyak 100 responden yang diambil dengan metode non probability sampling melalui teknik purposivesampling terhadap konsumen perusahaan jasa pengirimana dan logistik JNE yang pernahpelakukan pengecekan status pengiriman di layanan web trace and tracking JNE.
Hasil penelitian menyatakan bahwa empat hipotesis penelitian dapat diterima, artinya bahwa dimensi variabel kualitas layanan sistem pelacakan online (web trace and tracking) yang terdiridari dimensi keandalan/ pemenuhan, desain situs web, keamanan/privasi, dan layanan konsumen memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen. Dimana keandalan/pemenuhan merupakan dimensi variabel kualitas layanan sistem pelacakan online yang memiliki pengaruhpaling besar terhadap kepuasan konsumen, sementara desain situs web merupakan dimensi yangmemiliki pengaruh paling kecil terhadap kepuasan konsumen yang mengakses layanan system pelacakan online (web trace and tracking).
Kata Kunci: Kualitas Layanan Sistem Pelacakan Online, Kepuasan Konsumen, keandalan/pemenuhan, desain situs web, keamanan/privasi, layanan konsumen
Penulis: Yuniarti Fihartini, Kabul Prasetyo
Kode Jurnal: jpmanajemendd170258

Artikel Terkait :