PENGARUH BASIS SALEP HIDROKARBON DAN BASIS SALEP SERAP TERHADAP SEDIAAN SALEP EKSTRAK DAUN BUNGA SEPATU (Hibiscus rosa-sinensis L.)


Abstract: Daun bunga sepatu (Hibiscus rosa-sinensis) merupakan salah satu tanaman obat yang dapat digunakan sebagai antimikroba. Salep adalah sediaan setengah padat, ditujukan untuk pemakaian topikal pada kulit atau selaput lendir. Basis salep merupakan komponen terbesar yang sangat menentukan kecepatan pelepasan / aksi dari obat, sehingga akan mempengaruhi khasiat atau keberhasilan terapi.
Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Farmasi Politeknik Harapan Bersama, mengenai pengaruh basis salep hidrokarbon dan basis salep serap terhadap sediaan salep ekstrak daun bunga sepatu. Daun bunga sepatu yang sudah kering kemudian diekstrak dengan menggunakan metode maserasi, selanjutnya dibuat salep dengan menggunakan metode pelelehan, salep yang diperoleh kemudian di uji sifat fisiknya yang meliputi uji organoleptis, homogenitas, daya sebar, daya lekat, dan daya proteksi, lalu dianalisis menggunakan metode anova.
Untuk hasil penelitian ekstrak daun bunga sepatu yang didapat berwarna hitam dengan berat ekstrak yang diperoleh yaitu sebesar 84 g dan rendemen sebesar 25%. Dari hasil analisis Anova diperoleh nilai F Hitung > F Tabel yang menyatakan bahwa ada pengaruh penggunaan basis salep hidrokarbon dan basis salep serap dalam formula sediaan salep ekstrak daun bunga sepatu (Hibiscus rosa-sinensis L.) terhadap sifat fisik salep. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa basis salep hidrokarbon mempunyai daya lekat dan daya proteksi yang baik, sedangkan basis salep serap mempunyai daya sebar yang baik terhadap sifat fisik sediaan salep ekstrak daun bunga sepatu (Hibiscus rosa-sinensis L.).
Kata Kunci: Daun Bunga Sepatu, Ekstrak, Maserasi, Basis Salep
Penulis: Ika Trisnajayanti
Kode Jurnal: jpfarmasidd130376

Artikel Terkait :