PENGARUH BASIS SALEP HIDROKARBON, SERAP DAN KOMBINASI TERHADAP SIFAT FISIK EKSTRAK MASERASI DAUN SINGKONG (Manihot utillisima pohl)


Abstract: Singkong termasuk tumbuhan berbatang pohon lunak atau getas (mudah patah), singkong berbatang bulat dan bergerigi yang terjadi dari bekas pangkal tangkai daun, bagian tengahnya bergabus dan termasuk tumbuhan yang tinggi. Singkong bisa mencapai ketinggian  4 m, pemeliharannya mudah dan produktif. Singkong dapat tumbuh subur didaerah yang  mempunyai ketinggian 1200 m diatas permukaan air laut. Daun singkong memiliki tangkai panjang dan helaian daunnya menyerupai telapak tangan, tiap tangkai mempunyai daun sekitar 3 - 8 lembar, tangkai daun tersebut berwarna kuning, hijau atau merah.
Penelitian dilakukan di laboratorium farmasi Politeknik Harapan Bersama Tegal tentang pengaruh basis salep hidrokarbon, serap dan kombinasi terhadap sifat fisik salep ekstrak maserasi daun singkong (Manihot utillisima pohl). Serbuk daun singkong diisolasi dengan maserasi kemudian diekstrak sampai mendapatkan ekstrak kental. Hasil yang didapatkan untuk 100 g serbuk daun singkong yaitu sebanyak 26 g ekstrak dengan rendemen 26,0078 %.
Proses selanjutnya di buat salep dengan basis hidrokarbon, serap dan kombinasi dengan menggunakan metode pencampuran. Lalu evaluasi salep meliputi : uji organoleptis, uji homogenitas, uji pH, uji daya sebar, uji daya lekat dan uji daya proteksi. Sifat fisik yang paling baik dan didapat pada formula I yaitu basis hidrokarbon
Kata kunci: daun singkong, maserasi, ekstrak, basis salep hidrokarbon dan serap
Penulis: Laely Fakhiroh
Kode Jurnal: jpfarmasidd130375

Artikel Terkait :