FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KREDIT PADA BANK UMUM SWASTA NASIONAL (BUSN) DEVISA


ABSTRACT: Besarnya kredit yang diberikan ditentukan oleh berbagai factor diantaranya Dana Pihak Ketiga (DPK), Capital Adequacy Ratio (CAR), dan Non Performing Loan (NPL), Sertifikat Bank Indonesia (SBI), dan Tingkat Suku Bunga Kredit. Tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui sejauh mana hubungan Dana Pihak Ketiga (DPK), Capital Adequacy Ratio (CAR), dan Non Performing Loan (NPL), Sertifikat Bank Indonesia (SBI), dan Tingkat Suku Bunga Kredit terhadap besarnya penyaluran kredit pada Bank Umum Swasta Nasional (BUSN) Devisa di Indonesia Penelitian ini dilakukan pada Bank Umum Swasta Nasional (BUSN) Devisa di Indonesia periode 2011-2015 dengan jumlah populasi sebanyak 19 bank dan jumlah sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi non partisipan dengan teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan Dana Pihak Ketiga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kredit. Sertifikat Bank Indonesia berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kredit. Sementara Capital Adequacy Ratio, Non Performing Loan dan Tingkat Suku Bunga Kredit berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Kredit.
Kata kunci: kredit, dana pihak ketiga, capital adequacy ratio, non performing loan, sertifikat bank indonesia, dan tingkat suku bunga kredit
Penulis: Ida Ayu Aishwarya Rai, Ni Ketut Purnawati
Kode Jurnal: jpmanajemendd170222

Artikel Terkait :