ANALISIS KUANTITATIF BAKTERI ESCHERICHIA COLI PADA AIR MINUM ISI ULANG DI WILAYAH SUNGAI BESAR KOTA BANJARBARU


Abstrak: Air merupakan kebutuhan paling vital bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya.Penyediaan air minum yang aman harus diupayakan karena kemungkinan adanya pencemaran mikroorganisme pada air minum, seperti pencemaran bakteri Escehrichia coli yang dapat menimbulkan diare.Menurut persyaratan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 492/Menkes/Per/IV/2010 tentang persyaratan kualitas air minum bahwa kadar maksimum bakteri Escherichia coli pada air minum isi ulang yang diperbolehkan dalam per 100 ml sampel adalah 0/100 ml. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya bakteri Escherichia coli pada air minum isi ulang dan berapa kadar MPN/100 ml serta untuk mengetahui apakah air minum isi ulang yang dijual di wilayah Sungai Besar Kota Banjarbaru memenuhi persyaratan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 492/Menkes/Per/IV/2010.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif.Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2015.Teknik pengambilan datanya menggunakan accidental sampling dan pada penelitian ini menggunakan metode Most Probable Number MPN/100 ml.
Hasil penelitian ini yaitu sebanyak 2 sampel (15,38%)  positif mengandung bakteri Escherichia coli dan 11 sampel (65,78%) negatif mengandung bakteriEscherichia coli. Jumlah MPN/100 ml bakteri Escherichia coliyang tertinggi adalah 15 MPN/100 ml dan jumlah MPN/100 ml bakteri Escherichia coli yang terendahadalah 4 MPN/100 ml. Pada perhitungan jumlah koloni dengan tabel MPN/100 ml dari 2 sampel yang positif seluruhnya melebihi batas persyaratan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 492/Menkes/Per/IV/2010 dengan kadar maksimum yang diperbolehkan 0/100 ml.
Kata kunci: Escherichia coli, MPN, water drinking refill
Penulis: Ratih Pratiwi Sari
Kode Jurnal: jpfarmasidd160536

Artikel Terkait :