ANALISIS KUALITAS LAYANAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN FARMASI RUMAH SAKIT AKADEMIK UNIVERSITAS GADJAH MADA


ABSTRAK: Untuk meningkatkan kualitas pelayanan rumah sakit dibutuhkan suatu sistem informasi manajemen yang selalu mengikuti perkembangan teknologi informasi. Jika sistem tidak menyediakan informasi yang dibutuhkan, para pengguna akan mengalamikekecewaan dan mencari alternatif lain. Kepuasan para pengguna dapat digunakan untuk mengevaluasi kualitas sistem informasi suatu organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kualitas sistem informasi manajemen farmasi rumah sakit akademik UGM serta menentukan prioritas perbaikan.
Penelitian ini termasuk riset deskriptif dengan cara survey menggunakan kuisioner untuk mendapatkan data. Subyek dalam penelitian ini adalah dokter, karyawan instalasi farmasi dan petugas Information Technology (IT). Metode analisis data yang digunakan adalah SERVQUAL dan analisis jendela pelanggan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat gap bernilai negatif antara harapan dan persepsi pengguna sistem informasi manajemen rumah sakit UGM. Dari tiap-tiap dimensi bernilai negatif sehingga kepuasan pengguna belum dapat terpenuhi. Urutan gap terbesar pada servqual yaitu dimensi assurance (-1,36), responsiveness (-1,35), reliability (-1,15), tangibles (-1,1) dan empathy (-0,94). Urutan gap terbesar pada information service quality yaitu format (-1,92), completeness (-1,35), timeliness (-1,17), accuracy (-1,08), security (-1,00), ease of use (-0,98) dan socio cultural (-0,96). Prioritas perbaikan yang harus dilakukan bagian teknologi informasi rumah sakit akademik UGM berdasarkan pemetaan diagram kartesius yaitu pada dimensi responsiveness, assurance dan format.
Kata kunci: Kualitas, SIMF RSA UGM, Servqual, Jendela Pelanggan
Penulis: Arifin Santoso, Hari Kusnanto, M. Lutfan Lazuardi
Kode Jurnal: jpfarmasidd130467

Artikel Terkait :