ANALISIS FAKTOR RISIKO HIPERTENSI DI PUSKESMAS KELAYAN TIMUR KOTA BANJARMASIN


Abstrak: Menurut WHO (World Health Organization) 2011, sekitar 1 milyar penduduk di seluruh dunia menderita hipertensi dimana dua pertiganya terdapat di Negara-negara berkembang. Hipertensi menyebabkan 8 juta penduduk di seluruh dunia meninggal setiap tahunnya, dimana hampir 1,5 juta penduduk diantaranya terdapat di kawasan Asia tenggara. Hipertensi terjadi saat seseorang mengalami peningkatan tekanan darah di atas normal dimana tekanan sistolik diatas 140 mmHg dan diastoliknya diatas 90 mmHg. Hipertensi merupakan penyakit yang timbul akibat adanya interaksi dari berbagai faktor risiko yang dimiliki seseorang. Faktor risiko yang mempengaruhi kejadian hipertensi diklasifikasikan menjadi faktor yang tidak dapat dimodifikasi dan dapat dimodifikasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor risiko terjadinya hipertensi di Puskesmas Kelayan Timur kota Banjarmasin.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pengambilan data menggunakan kuesioner untuk mengetahui faktor risiko hipertensi di Puskesmas Kelayan Timur Kota Banjarmasin selama periode 2 Mei 2016 – 2 Juni 2016. Dengan kriteria inklusi, yaitu: Laki-laki dan wanita usia 26 – 65 tahun, Pasien tanpa komplikasi dan Bersedia untuk menjadi responden penelitian. Metode sampling yang digunakan yaitu Consecutive Sampling.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor risiko hipertensi yang ada di Puskesmas Kelayan Timur Kota Banjarmasin adalah jenis kelamin (berisiko 0.928 kali), kebiasaan merokok (berisiko 1,368 kali), kebiasaan makan-makanan asin (berisiko 2,898 kali), obesitas (berisiko 1,147 kali), konsumsi makanan lemak jenuh (berisiko 1,505 kali).
Kata Kunci: Hipertensi; Faktor Risiko Hipertensi
Penulis: Aditya Maulana Perdana Putra, Ana Ulfah
Kode Jurnal: jpfarmasidd160576

Artikel Terkait :