EVALUASI PENGELOLAAN OBAT TAHAP SELEKSI DAN PERENCANAAN DI ERA JAMINAN KESEHATAN NASIONAL DI RSUD H. HASAN BASERY KANDANGAN TAHUN 2014


Abstrak: Instalasi Farmasi Rumah Sakit melakukan pengelolaan obat diantaranya tahap seleksi, perencanaan dan pengadaan. Mengingat sistem pengelolaan obat di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah (IFRSUD) H. Hasan Basery masih menuju dalam tahap pencapaian nilai standar indikator, maka peneliti bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana sistem pengelolaan obat dalam tahap seleksi, perencanaan dan pengadaan di IFRSUD H. Hasan Basery pada saat era JKN.
Penelitian ini menggunakan rancangan secara deskriptif eksploratif yang bersifat retrospektif. Pengamatan retrospektif meliputi laporan perencanaan dan pemakaian obat, laporan keuangan, laporan pengadaan obat, faktur, laporan stock opname. Hasil penelitian menunjukkan yang belum sesuai standar: persentase kesesuaian obat dengan ForNas II pada obat pelengkap, generik dan BPJS sebesar 0,12%, 55,22% dan 53,21%, persentase alokasi dana pengadaan obat tahun 2014 sebesar 42,56%, persentase kesesuaian antara pengadaan obat dengan e-kataloge untuk obat pelengkap, generik dan BPJS sebesar 2,94%, 69,78% dan 72,48%.
Kata Kunci: pengelolaan obat, seleksi, perencanaan dan pengadaan
Penulis: Mochammad Maulidie Alfiannor Saputera
Kode Jurnal: jpfarmasidd160575

Artikel Terkait :