ANALISA FLAVONOID DARI EKSTRAK ETANOL 96% KULIT BUAH OKRA MERAH (Abelmoschus esculentus L. Moench) SECARA KROMATOGRAFI LAPIS TIPIS DAN SPEKTROFOTOMETRI UV-VIS


Abstrak: Telah dilakukan penelitian tentang Analisa Flavonoid dari Ekstrak Etanol 96% Kulit Buah Okra Merah Secara Kromatografi Lapis Tipis dan Spektrofotometer UV-Vis. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa kandungan kulit buah okra merah (Abelmoschus esculentus L. Moench) dengan menggunakan metode kromatografi lapis tipis (KLT) dibawah sinar UV dan spektrofotometri UV-Vis. Baku pembanding yang digunakan dalam penelitian ini adalah Larutan Standar Rutin Kuersetin.
Hasil penelitian yang telah dilakukan dengan metode kromatografi lapis tipis didapat nilai Rf sebesar 0,81 dan menghasilkan warna orange. Dan hasil penelitian yang dilakukan dengan metode spektrofotometri UV-Vis didapat 333,117 mg.L-1 atau 421,629 mg.kg-1 atau 0,84339 %.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa ekstrak etanol 96% kulit buah okra merah (Abelmoschus esculentus L. Moench) positif (+) mengandung flavonoid dengan kadar sebesar 0,84339%.
 Kata Kunci: Kulit Buah Okra Merah, Flavonoid, Kuersetin, Kromatografi Lapis Tipis (KLT) dan Spektrofotometri  UV-Vis
Penulis: Nia Lisnawati, Indri Astuti Handayani, Ni'matul Fajrianti
Kode Jurnal: jpfarmasidd160551

Artikel Terkait :