PERBEDAAN HARAPAN DAN PERSEPSI PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANANKEFARMASIAN DI RSUP Dr. SARDJITO YOGYAKARTA DAN RUMAH SAKIT BETHESDA YOGYAKARTA


ABSTRAK: IFRS harus berupaya untuk memuaskan pasien dengan memberikan layanan kefarmasian yang prima sehingga pasien menjadi loyal dan pemasukan IFRS bisa meningkat. Harapan pasien pada pelayanan di rumah sakit pemerintah tentunya berbeda dengan harapan pasien pada pelayanan di rumah sakit swasta.
Penelitian dilaksanakan dengan metode ServQual (Parasuraman dkk., 1985) melalui penyebaran kesioner harapan dan persepsi pasien, kepada pasien rawat jalan swadana atau keluarganya di RSUP Dr. Sardjito dan di RS Bethesda. Kepuasan pasien dilihat dari skor ServQual, skor positif menunjukkan responden sangat puas, skor nol menunjukkan responden cukup puas, skor negatif menunjukkan responden tidak puas. Perbedaan harapan pasien dianalisis dengan uji Kruskal Wallis, dilanjutkan dengan uji Mann Whitney.
Skor ServQual menunjukkan nilai negatif untuk RSUP Dr. Sardjito dan RS Bethesda secara umum di semua dimensi. Jika dilihat pola harapan masing-masing rumah sakit, harapan pasien di RSUP Dr. Sardjito paling tinggi pada dimensi assurance dan reliability, kedua dimensi tangibles dan responsiveness, ketiga (yang paling rendah) pada dimensi empathy. Harapan pasien di Rumah sakit Bethesda paling tinggi pada dimensi assurance, keempat dimensi yang lain (tangibles, responsiveness, reliability, dan empathy) memiliki peringkat yang sama setelah assurance. Total harapan pasien di RSUP Dr. Sardjito dan Rumah Sakit Bethesda tidak berbeda signifkan. Harapan pasien di RSUP Dr. Sardjito dan Rumah Sakit Bethesda dalam masing-masing dimensi me-nunjukkan perbedaan signifkan pada dimensi reliability dan dimensi empathy.
Kata kunci: kepuasan pasien, harapan pasien, RSUP Dr. Sardjito, Rumah Sakit Bethesda
Penulis: Ni Putu Udayana Antari, Achmad Purnomo, Sumarni
Kode Jurnal: jpfarmasidd110222

Artikel Terkait :