PENURUNAN KADAR TOTAL Phosphat (PO4) PADA LIMBAH LAUNDRY DENGAN METODE AERASI-FILTRASI DI DUSUN TAMBAKBAYAN CATUR TUNGGAL, DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA


ABSTRAK: Kegiatan laundry menghasilkan limbah cair yang mengandung phosphat tinggi. Limbah cair dapat berpotensi untuk menimbulkan pencemaran terhadap lingkungan terutama pada badan air. Berdasarkan uji laboratorium terhadap laundry di Dusun Tambakbayan, Catur Tunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta mempunyai kadar total phosphat sebesar 11,3330 mg/L. Hasil tersebut tidak sesuai dengan persyaratan dalam peraturan pemerintah No 82 Tahun 2001 yaitu sebesar 5 mg/L untuk kadar total phosphat dalam limbah cair golongan IV.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penurunan kadar total phosphat (Po4) pada limbah cair laundry dengan metode aerasi-filtrasi di Dusun Tambakbayan, Catur Tunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian pre-post test dengan dianalisa secara deskriptif dan analitik.
Hasil penelitian ini adalah terdapat penurunan kadar total phosphat pada limbahcair laundry dengan rata-rata selisih penurunan pada filtrasi I dengan ketebalan media 15 cm sebesar 38,7032%, filtrasi II dengan ketebalan media 20 cm sebesar 42,2195% dan filtrasi III dengan ketebalan media 25 cm sebesar 44,0461%. Kesimpulan dari hasil ini adalah terdapat penurunan kadar total phosphat pada limbah cair laundry dengan metode aerasi-filtrasi.
Kata Kunci: Laundry, Phosphat, Aerasi-Filtrasi
Penulis: Novita Sekarwati
Kode Jurnal: jpkesmasdd180045

Artikel Terkait :