ANALISIS TINGKAT PENGETAHUAN DAN PERILAKU IBU DALAM UPAYA PENCEGAHAN PENYAKIT KECACINGAN PADA ANAK DI TK PANTI DEWI TANJUNG KALITIRTO BERBAH SLEMAN


ABSTRAK: Kasus penyakit Kecacingan di Indonesia masih merupakan masalah kesehatan masyarakat terbanyak yaitu dengan prevalensi 60%-90% tergantung pada lokasi, sanitasi lingkungan dan sosial ekonomi. Prevalensi penyakit kecacingan di Indonesia pada Tahun 2011 sebanyak 104 kasus, Tahun 2012 sebanyak 132 kasus, Tahun 2013 sebanyak 126 kasus dan Tahun 2014 sebanyak 121 kasus dan pada bulan Januari-Mei Tahun 2015 dengan jumlahkasus sebanyak 44 kasus.
Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui Tingkat Pengetahuan dan Perilaku ibu dalam upaya pencegahan penyakit Kecacingan pada Anak di TK Panti Rini Tanjung Kalitirto Berbah Sleman Yogyakarta Metode dalam penelitian ini adalah penelitian non eksperimen dengan pendekatan Kuantitatif. Design yang digunakan dalam penelitian adalah Deskriptif Analitik dengan rancangan penelitian observasional yaitu digunakan untuk menggambarkan pola penyakit dan untuk mengukur kejadian dari faktor risiko untuk penyakit (pajanan) pada satu populasi sekaligus untuk mengetahui asosiasi antara kejadian penyakit dan faktor risikonya.
Hasil penelitian menunjukkan Tingkat pengetahuan dan perilaku Ibu dalam upaya pencegahan penyakit kecacingan pada anak di TK Panti Dewi Tanjung Kalitirto Berbah dalam kategori baik sebanyak 40 responden (100%), dan potensi kejadian penyakit kecacingan di TK Panti Dewi Tanjung Kalitirto Berbah berdasarkan hasil penelitian sangat kecil.
Ada hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan dengan perilaku ibu dalam upaya pencegahan penyakit kecacingan pada anak di TK Panti Dewi Tanjung Kalitirto Berbah Sleman.
Kata Kunci: Tingkat pengetahuan, Perilaku, Penyakit Kecacingan
Penulis: Subagiyono
Kode Jurnal: jpkesmasdd180046

Artikel Terkait :