HUBUNGAN PENGETAHUAN PENCEGAHAN PENYAKIT TBC DENGAN PERILAKU PENCEGAHAN TBC PADA KEPALA KELUARGA DI PADUKUHAN NOLOGATEN, KECAMATAN DEPOK, KABUPATEN SLEMAN, YOGYAKARTA


ABSTRAK: Penyakit TB adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis.Pada Tahun 2014 terdapat 422 ornag terinfeksi BTA + di Yogyakarta. Sebagian besar BTA Positif terdapat di daerah Sleman. Wilayah kerja Puskesmas Depok 3 khususnya Padukuhan Nologaten merupakan daerah yangtertinggi terinfeksi TB dibanding kawasan lainnya di daerah tersebut. Hal ini terjadi karena kurang optimalnya pencegahan TB pada masyarakat Padukuhan Nologaten.
Tujuan : Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan antara Tingkat Pengetahuan TB dengan perilaku upaya pencegahan TB pada Kepala Keluarga di Padukuhan Nologaten, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.
Metode : penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian ini adalah 85 responden kepala keluaraga di Padukuhan Nologaten dengan teknik stratified random sampling.Instrumen penelitian ini menggunakan kuesiner dengan wawancara dan observasi. Analisa bivariat menggunakan test chi square.
Hasil : hasil univariate menjelaskan bahwa70 respondent ( 82,4%) memiliki pengetahuan baik tentang TB dan 63respondents(74,1%) memiliki perilaku upaya pencegahan yang baik terkait TB pada kepala keluarga di padekuhan Nologaten. Analisa bivariate dengan menggunakan chi square dengan CI 95%, menghasilkan ada hubungan antara tingkat pengetahuan TB dengan perilaku upaya pencegahan TB pada kepala keluarga di Padukuhan Nologaten, Depok Sleman.
Kesimpulan : ada hubungan antara tingkat pengetahuan TB dengan perilaku upaya pencegahan TB pada kepala keluarga
Kata Kunci: Pengetahuan, Perilaku Upaya Pencegahan, Tuberculosis
Penulis: Dewi Ariyani Wulandari
Kode Jurnal: jpkesmasdd180047

Artikel Terkait :