PENGARUH TERAPI MUSIK KLASIK TERHADAP NYERI JAHITAN PERINEUM PADA IBU NIFAS HARI KE-1 DI BPS DESY ANDRIANI,S.TR.KEB TELUK BETUNG BANDAR LAMPUNG TAHUN 2016


Abstrak: Terapi musik adalah suatu terapi yang menggunakan musik yang bertujuan untuk berbagai masalah dalam aspek fisik, psikologis, kognitif dan kebutuhan sosial, sedangkan nyerimerupakan masalah psikologis.Nyeri jahitan perineum merupakan gangguan ketidaknyamanan yang diakibatkan oleh robekan atau kerusakan jaringan sehingga muncul sensasi nyeri. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui pengaruh musik klasik terhadap nyeri jahitan perineum pada saat nifashari ke-1.
Metode penelitian yang digunakan adalah Pra eksperimen dengan rancangan penelitian One Group Pretest-Postest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu bersalin normal terdapat 58 ibu bersalin. Sampel sebanyak 30 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan analisa data Uji-t (t-test).
Diketahui skala nyeri sebelum dilakukan terapi musik klasik nyeri sedang yaitu sebanyak 30 orang dan skala nyeri setelah dilakukan terapi musi klasik nyeri ringansebanyak 18 orang (60%) dan nyeri sedang sebanyak 12 orang (40%). Kesimpulan ada pengaruh terapi musik klasik terhadap penurunan tingkat nyeri jahitan perineum pada ibu nifas pvalue= 0,000. Saran bagi tempat penelitian hendaknya menerapkan terapi musik klasik dalam penatalaksanaan nyeri jahitan perineum pada ibu nifas guna membantu meringankan pada nyeri jahitan perineum.
Kata Kunci: Nyeri, Jahitan Perineum, Musik Klasik
Penulis: Rosmiyati
Kode Jurnal: jpkebidanandd170451

Artikel Terkait :