PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA RUANG TERHADAP KEPUASAN KERJA PERAWAT (STUDI KASUS DI RUMAH SAKIT JASA KARTINI TASIKMALAYA)


ABSTRAK: Perawat di Rumah Sakit Jasa Kartini Tasikmalaya merupakan tenaga kerja yang paling dominan. Segala kegiatan perawat mencerminkan citra rumah sakit. Kinerja perawat tidak terlepas dari kepemimpinan kepala ruang. Semakin sesuai gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh kepala ruang akan berpengaruh pada semakin meningkatnya kepuasan kerja perawat. Permasalahan yang ditemukan di Rumah Sakit Jasa Kartini Tasikmalaya terkait dengan pelayanan keperawatan yang diterima adalah adanya keluhan dari pasien maupun keluarga pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifkasi gaya kepemimpinan kepala ruang, mengetahui kepuasan kerja perawat akibat dari gaya kepemimpinan kepala ruang, serta mengetahui hubungan antara gaya kepemimpinan kepala ruang dengan kepuasan kerja perawat.
Penelitian ini menggunakan model rancangan observasional. Penelitian ini termasuk penelitian non ekperimental. Jenis alat ukur yang digunakan dalam penelitian adalah kuesioner gaya kepemimpinan dan kuesioner kepuasan kerja. Subyek dalam penelitian ini adalah 145 orang perawat Rumah Sakit Jasa Kartini. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan kepala ruang di Rumah Sakit Jasa Kartini adalahgaya kepemimpinan direktif. Gaya kepemimpinan direktif, gaya kepemimpinan konsultatif dan gaya kepemimpinan partisipatif kepala ruang berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja perawat. Ada hubungan yang bermakna antara gaya kepemimpinan kepala ruang terhadap kepuasan kerja perawat sebesar 19%.
Kata kunci: gaya kepemimpinan, kepuasan kerja
Penulis: Ardiansyah Ramdhan, Marchaban, Sumarni
Kode Jurnal: jpfarmasidd110240

Artikel Terkait :