PENGUKURAN MUTU PELAYANAN FARMASI DI UNIT RAWAT JALAN INSTALASI FARMASI RSUD SLEMAN


ABSTRAK: Sarana pelayanan kesehatan yang dianggap memiliki keunggulan akan mempunyai kesempatan yang lebih besar untuk dipilih oleh pelanggan. Terbentuknya persepsi positif dari pelanggan diharapkan memunculkan kepuasan yang pada akhirnya akan memberikan dampak positif bagi upaya peningkatan proft dan pelayanan di IFRS. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur mutu pelayanan farmasi di unit rawat jalan IFRSUD Sleman yang ditinjau dari variabel input, proses, dan outcome.
Variabel input dinilai dari hasil observasi pada sumber daya pendukung pelayanan, hasil wawancara denganapoteker dan kuesioner kepuasan kerja petugas unit rawat jalan IFRSUD Sleman. Variabel proses dinilai dari hasil pengukuran indikator penggunaan obat. Variabel outcome dinilai dari hasil nilai gap kuesioner kepuasan pelanggan dengan metode SERVQUAL. Subjek dalam penelitian mencakup sumber daya pendukung pelayanan dengan jumlah sampel 9 orang petugas, resep obat, dan pelanggan dengan jumlah sampel 257 resep dan 257 pelanggan yang mengambil obat di unit rawat jalan IFRSUD Sleman. Data kuantitatif variabel input dianalisis dengan analisis deskriptif. Data kualitatif maupun kuantitatif untuk variabel proses, diperiksa kelengkapan isian datanya, ditabulasi dan dianalisis menggunakan metode triangulasi. Data kuantitatif variabel outcome dianalisis dengan analisis gap.
Hasil penelitian menunjukkan outcome pelayanan belum sesuai dengan target sasaran mutu pelayanan pihak IFRSUD Sleman dimana nilai gap seluruh dimensi kualitas pelayanan bernilai negatif, indeks kepuasan pelanggan rawat jalan hanya mencapai 74,41% yang disebabkan karena masih terdapat beberapa sumber daya pendukung variabel input yang kurang sempurna dan belum memenuhi Undang-Undang tentang Rumah Sakit, Peraturan Pemerintah tentang Pekerjaan Kefarmasian, Standar Pelayanan Farmasi di Rumah Sakit, serta masih terdapatbeberapa kendala pada variabel proses yang mempengaruhi pelayanan farmasi yang diberikan oleh pihak unit rawat jalan IFRSUD Sleman.
Kata kunci: mutu pelayanan obat, variabel input, proses, outcome, IFRSUD Sleman
Penulis: Rizkiya Ainaini, Marchaban, Triana Hertiani
Kode Jurnal: jpfarmasidd110241

Artikel Terkait :