EVALUASI PENGGUNAAN ANTIBIOTIKA PADA INFEKSI KAKI DIABETIK: STUDI KASUS RAWAT JALAN DI POLIKLINIK ENDOKRINOLOGI RSUP DR. SARDJITO YOGYAKARTA


ABSTRAK: Kaki diabetik merupakan salah satu komplikasi kronik pada penyandang Diabetes Melitus (DM). Seiring dengan meningkatnya jumlah penyandang DM, maka prevalensi kaki diabetik diperkirakan akan meningkat juga. Manifestasi dari kaki diabetik berupa ulkus, infeksi, ganggren, dan artropi charcot. Lima puluh persen penyandang ulkus akan berkembang menjadi infeksi dan bila infeksi tidak tertangani dengan segera dan tepat maka akan menyebabkan tindakan amputasi. Hal terpenting dalam terapi infeksi adalah pemilihan antibiotika yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penggunaan antibiotika, kesesuaian dengan guideline dan hasil kultur pus, efektivitas terapi dan keamanan obat pada infeksi kaki diabetik di Poliklinik Endokrinologi RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta.
Penelitian observasional dilakukan dengan pengambilan data secara prospektif pada penyandang infeksi kaki diabetik di Poliklinik Endokrinologi RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta selama bulan November 2011-Januari 2012. Pengambilan data meliputi data karakteristik subyek, penggunaan antibiotika dan obat lain, tanda-tanda infeksi secara visual dan data laboratorium. Dilakukan analisa deskriptif terhadap karakteristik subyek, pola penggunaan antibiotika, kesesuaian penggunaan antibiotika berdasarkan guideline dan hasil kultur pus, efektifitas terapi, dan keamanan obat.
Pola penggunaan antibiotika terbanyak yaitu dengan pola terapi tunggal (68,9%), dengan antibiotika terbanyak adalah ciprofloksasin (36,7%), dan cefadroksil (43,3%). Pola terapi kombinasi sebesar 31,1% dengan kombinasi 2 antibiotika yang terbanyak adalah ciprofloksasin dengan Clindamisin (37%). Persentase ketidaksesuaian terhadap guideline atau hasil kultur pus sebesar 31%, efektivitas penggunaan antibiotika 84,4% dan 5,7% terdapat interaksi yang potensial terjadi antara antibiotika dengan obat lain.
Kata kunci: infeksi kaki diabetik, antibiotika, kesesuaian, efektivitas, keamanan obat
Penulis: Ninisita Sri Hadi, Djoko Wahyono, I Dewa Putu Pramantara S.
Kode Jurnal: jpfarmasidd120378

Artikel Terkait :