ANALISIS SIKAP KONSUMEN TERHADAP PERLUASAN MEREK PRENAGEN


ABSTRAK: Merek bukan hanya bagian dari produk, tetapi merek yang baik akan memberikan jaminan kualitas bagi perusahaan, karena merek bukan sekedar nama tetapi merek merupakan aset dari perusahaan. Merek susu Prenagen Junior merupakan produk eksperimen fiktif yang digunakan dalam penelitian ini sebagai perluasan produk Prenagen untuk kehamilan dan menyusui. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sikap konsumen terhadap perluasan merek Prenagen.
Desain yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rancangan preeksperimen_one shot case study. Sampel diambil dari populasi yang pernah menggunakan produk Prenagen baik Prenagen Esensis, Prenagen Emesis, Prenagen Mommy atau Prenagen Lactamom dalam waktu 6 bulan terakhir, sebanyak 154 responden. Hasil yang diperoleh dianalisis menggunakan metode analisis regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemiripan, reputasi merek induk, perceived risk dan innovativeness memberikan pengaruh yang signifikan terhadap sikap konsumen pada produk perluasan merek (R2 : 0,556; p < 0,05). Secara parsial, kemiripan produk perluasan merek dengan produk merek induk memberikan pengaruh yang signifikan (20,8%), reputasi merek induk memberikan pengaruh yang signifikan (10,0%) dan perceived risk memberikan pengaruh yang signifikan (23,3%) terhadap sikap konsumen pada produk perluasan merek. Sedangkan variabel Innovativeness tidak berpengaruh secara signifikan terhadap sikap terhadap perluasan merek (B : 0,126 ; p > 0,05).
Kata kunci: Perluasan Merek, Kemiripan, Reputasi Merek Induk, Perceived risk, Innovativeness, Sikap Konsumen
Penulis: Kresy Arba Yuniar, Lukman Hakim, Wakhid Slamet Ciptono
Kode Jurnal: jpfarmasidd120377

Artikel Terkait :