ANALISIS STRATEGI BISNIS PT SOHO INDUSTRI FARMASI REGULAR


ABSTRAK: Perusahaan yang mampu bersaing adalah perusahaan yang mempunyai dan menjalankan strategi bisnis yang dapat merespon kondisi eksternal dan meningkatkan kapabilitas internal. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi dan mengevaluasi apakah strategi perusahaan sesuai dengan kondisi lingkungan internal dan eksternal serta merancang strategi alternatif yang sesuai dengan kondisi lingkungan internal dan eksternal perusahaan.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan observasi, serta data pendukung yang diperoleh dari sumber sekunder. Analisis yang dilakukan meliputi: Analisis dengan Matriks Evaluasi Faktor Eksternal (External Factors Evaluation/EFE) dan Matriks Evaluasi Faktor Internal (Internal Factors Evaluation/IFE); Perumusan strategi alternatif dengan Matriks Kekuatan-Kelemahan-Peluang-Ancaman (SWOT), Matriks Internal-Eksternal (IE), Matriks Boston Consulting Group (BCG) dan Matriks Grand Strategy; Pengambilan keputusan strategi alternatif dengan Matriks Quantitative Strategic Planning (QSPM).
Hasil analisis menunjukkan adanya perubahan kondisi persaingan sehingga perusahaan perlu melakukan modifikasi pada strategi yang selama ini dijalankan. Hasil penilaian pada matriks EFE dengan nilai 3,02 menunjukkan bahwa strategi dapat merespon lingkungan eksternal dengan efektif, sedangkan hasil matriks IFE menunjukkan bahwa perusahaan memiliki posisi internal yang cukup kuat dengan nilai 2,78. Hasil perumusan strategi alternatif melalui matriks SWOT, IE, BCG dan Grand Strategy dan pemilihan strategi menggunakan matriks QSPM menunjukkan bahwa strategi “Peningkatan varian produk dengan pengembangan produk baru atau kerjasama dengan perusahaan lain” menjadi strategi yang paling menarik dengan skor 6,183 dibanding strategi “Pengembangan pasar dan meningkatkan penetrasi pasar terhadap produk yang ada” dengan skor 5,726.
Kata kunci: Analisis Strategi Bisnis, PT Soho Industri Pharmasi, SWOT, QSPM
Penulis: Anna Karina Algustie, Basu Swastha Dharmmesta
Kode Jurnal: jpfarmasidd120376

Artikel Terkait :