ANALISIS EFEKTIVITAS DAN BIAYA PENGGUNAAN ZINK PADA ANAK DENGAN DIARE AKUT DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN 2011


ABSTRAK: Penyakit diare merupakan salah satu penyebab kematian kedua di dunia pada anak dan biaya medis untuk menangani diare cukup tinggi. WHO dan UNICEF merekomendasikan penggunaan zink untuk penanganan diare pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk menilai pengaruh pemberian suplemen zink terhadap durasi diare, lama rawat, dan frekuensi diare, serta mengetahui besarnya biaya medis langsung pada pasien yang mendapatkan zink untuk penanganan diare.
Penelitian ini mengikuti rancangan deskriptif non eksperimental. Data diambil secara retrospektif dari rekam medik dan bagian keuangan di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Subjek penelitian adalah pasien anak berumur 1 - < 15 tahun yang menderita diare akut, menggunakan antibiotik, tanpa penyakit lain, dan dirawat inap selama periode 1 Januari hingga 31 Desember 2011. Jumlah sampel yang memenuhi kriteria inklusi yaitu masing-masing 67 pasien pada kelompok zink dan kontrol. Data yang dianalisa meliputi lama diare di rumah sakit, lama rawat inap, frekuensi diare, dan besarnya biaya pengobatan. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan statistik untuk membandingkan rata-rata variabel antara kedua kelompok.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok yang mendapatkan zink memiliki durasi diare yang lebih singkat ±0,45 hari (p<0,05), lama rawat lebih singkat ±0,09 hari (p>0,05) dan memiliki frekuensi diare yang lebih rendah pada hari ke-2 hingga ke-4 perawatan (p<0,05). Dari analisis biaya, didapatkan rata- rata biaya pengobatan total pada kelompok zink lebih rendah dibandingkan kelompok kontrol (p<0,05) yaitu sebesar Rp. 1.155.407, namun belum dapat dikatakan penggunaan zink efektif. Pemberian zink efektif dalam menangani diare akut pada pasien anak yang dirawat inap.
Kata kunci: zink, diare akut, efektivitas, biaya medis langsung
Penulis: Sudewi Mukaromah Khoirunnisa, Tri Murti Andayani, Inayati
Kode Jurnal: jpfarmasidd120379

Artikel Terkait :