ANALISIS KINERJA UNIT PELAKSANA TEKNIS PENYELENGGARA JAMINAN KESEHATAN DAERAH KOTA YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD


ABSTRAK: Pengukuran kinerja terhadap Unit Pelaksana Teknis Penyelenggara Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) dilakukan secara komprehensif dengan pendekatan Balanced Scorecard melalui empat perspektif yaitu customer and stakeholders, fnancial, internal business processes, dan employees and organization capacity sehingga pencapaian kinerja yang telah dilakukan dapat diketahui.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, studi kasus non eksperimen. data diperoleh dari data kuantitatif (kuesioner pertanyaan tertutup dengan sistem skala likert, dan laporan keuangan UPT PJKD Kota Yogyakarta) dan kualitatif. Sampel diambil secara purposive sampling, dengan kriteria untuk responden customers yang digunakan (Naban) sebanyak 100 orang, dan employees terdiri dan petugas UPTD PJKD Kota Yogyakarta.
Hasil penelitian diperoleh untuk Perspektif Customers and Stakeholders, nilai gap 5 terendah adalah pada dimensi Responsiveness -0,57, sedangkan tingkat Empathy 3,17 menunjukkan bahwa Kantor UPT PJKD telah memberikan kualitas layanan memuaskan. Perspektif Financial menunjukkan realisasi pembayaran Reimbursement oleh UPT PJKD Kota Yogyakarta Tahun 2010 adalah sebesar Rp. 132.734.000,-. Perspektif Internal Business Processes diperoleh rata-rata waktu tunggu layanan administrasi 30-60 menit, dan rata-rata waktu yang diperlukan untuk memperoleh dana reimbursement 1 minggu hingga 1 bulan. Perspektif Employees and Organization Capacity menunjukkan bahwa rata-rata nilai Human Capital, Information Capital dan Organization Capital petugas UPTD PJKD Kota Yogyakarta antara 60% - 80% dan yang diharapkan.
Kata kunci: Analisis Kinerja, Badan Pengelola, Jaminan Kesehatan Daerah, Balanced Scorecard
Penulis: Lamlay Sarie, Achmad Fudholi dan Satibi
Kode Jurnal: jpfarmasidd110245

Artikel Terkait :