PENGARUH PERSEPSI KONSUMEN PADA IKLAN BERSERI TERHADAP SIKAP DAN NIAT BELI KONSUMEN (STUDI EKSPERIMEN PADA PRODUK KOSMETIKA PONDS)


ABSTRAK: Untuk dapat menarik minat konsumen dalam menyaksikan iklan yang ditayangkan, perusahaan harus kreatif dalam beriklan. Salah satunya adalah dengan menggunakan iklan dalam bentuk drama berseri seperti yang dilakukan pada iklan produk kosmetika Ponds. Dalam penelitian ini dilakukan pengukuran pengaruh persepsi konsumen pada sikap dan niat beli konsumen terhadap iklan berseri pada produk kosmetika Ponds. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah persepsi konsumen terhadap iklan berseri produk kosmetika Ponds berpengaruh signifkan pada sikap dan niat beli konsumen, dan juga untuk membandingkan antara persepsi konsumen pada sikap terhadap iklan berseri dan persepsi konsumen pada sikap terhadap iklan tidak berseri.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan partisipan yang dibagi kedalam 2 kelompok yaitu kelompok partisipan yang mendapatkan treatment iklan berseri dan juga kelompok partisipan yang mendapatkan treatment dengan iklan tidak berseri. Instrument penelitian yang digunakan berupa sampel video iklan kosmetika Ponds dan kuesioner penelitian. Besar sampel dalam penelitian ini adalah 60 orang pada masing- masing kelompokiklan berseri dan iklan tidak berseri. Data yang diperoleh dianalisa dengan regresi sederhana dan uji beda dengan bantuaan SPSS 17 for windows.
Hasil dari penelitian ini dengan analisis regresi menyatakan bahwa persepsi konsumen berpengaruh secara signifkan pada sikap terhadap iklan berseri dengan t hitung sebesar 8,205,; terdapat pengaruh signifkan persepsi konsumen pada iklan berseri terhadap niat beli konsumen dengan t hitung 8,797 dan terdapat pengaruh signifkan sikap konsumen pada iklan berseri terhadap niat beli konsumen dengan t hitung 6,274. Setelah dilakukan perbandingan pengaruh persepsi konsumen pada sikap terhadap iklan berseri dengan pengaruh persepsi konsumen pada sikap terhadap iklan tidak berseri menggunakan uji t- test didapatkan hasil bahwa pengaruh persepsi konsumen pada sikap terhadap iklan berseri lebih tinggi dibandingkan dengan pengaruh persepsi konsumen pada sikap terhadap iklan tidak berseri.
Kata kunci: Iklan, iklan berseri, persepsi konsumen, sikap konsumen, niat beli konsumen, uji t
Penulis: Ana Bella Parina, Suci Paramitasari Sahlani, Ahmad Fudholi
Kode Jurnal: jpfarmasidd110246

Artikel Terkait :