EVALUASI KESESUAIAN TERAPI DAN EFEK SAMPING PENGGUNAAN ANTIHIPERTENSI PADA PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE 2 DENGAN GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISIS RUTIN DI RSU PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA


ABSTRAK: Ketepatan dalam pemilihan antihipertensi merupakan salah satu yang berpengaruh pada keberhasilan pencapaian target terapi pada pasien diabetes mellitus tipe 2 dengan gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisis rutin. Penggunaan obat dalam jumlah banyak dan dalam waktu yang relative lama berpotensi untuk menimbulkan efek samping maupun interaksi obat.
Penelitian dilakukan dalam bentuk observasi prospektif dengan mengevaluasi kesesuaian terapi dan memantau langsung efek samping penggunaan antihipertensi pada pasien diabetes mellitus tipe 2 dengan gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisis rutin di RSU PKU Muhammadiyah Yogyakarta selama periode Februari - April 2011.
Dari 42 pasien diabetes mellitus tipe 2 dengan gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisis rutin diketahui bahwa pasien yang mendapatkan pilihan terapi yang tepat dan tekanan darahnya mencapai target terapi tidak ada (0%) . Pasien yang mendapatkan terapi yang tepat tetapi tekanan darahnya tidak mencapai target terapi sebanyak 4 orang (9,53%). Pasien yang mendapat terapi tidak tepat tetapi tekanan darahnya mencapai target terapi sebanyak 2 orang (4,76%). Sebanyak 36 orang (85,71%) mendapat terapi tidak tepat dan tekanan darahnya tidak mencapai target terapi. Dari 42 pasien, 11 orang (26,20%) possible dan 5 orang (11,90%) probable mengalami efek samping berupa batuk kering, 26 orang (61,91%) yang possible mengalami efek samping berupa pusing, 39 orang (92,86%) yang possible mengalami efek samping berupa sakit kepala, 2 orang (4,76%) yang possible mengalami efek samping berupa lemah (fatigue), 13 orang (30,95%) yang possible dan 2 orang (4,76%) probable mengalami efek samping berupa mengantuk.
Kata kunci: antihipertensi, diabetes mellitus tipe 2, hemodialisis
Penulis: Fef Rukminingsih, Djoko Wahyono, I Dewa Putu Pramantara
Kode Jurnal: jpfarmasidd110244

Artikel Terkait :