PERBANDINGAN TRANCUTANEOUS ELECTRICAL NERVE STIMULATION DAN KINESIO TAPING TERHADAP PENURUNAN SKALA NYERI PUNGGUNG BAWAH PADA IBU HAMIL TRIMESTER III DI PUSKESMAS JUWIRING KABUPATEN KLATEN


Abstract: Latar Belakang Nyeri punggung bawah pada ibu hamil trimester III terjadi karena perubahan hormonal yang menimbulkan perubahan pada jaringan lunak penyangga dan penghubung sehingga menurunnya elestisitas dan fleksibilitas otot. Prevalenci nyeri punggung bawah kehamilan pada trimester 1= 16,7 %, trimester II = 31,3%, dan trimester III = 53%. Nyeri punggung apabila tidak segera diatasi, bisa mengakibatkan nyeri punggung jangka panjang, meningkatkan kecenderungan nyeri punggung pascapartum dan nyeri punggung kronis yang akan lebih sulit untuk diobati. Manajemen untuk mengatasi nyeri punggung bawah dapat dilakukan dengan cara farmakologi dan non farmakologi.
Tujuan penelitian Mengetahui Perbandingan TENS dankinesio taping terhadap penurunan skala nyeri punggung bawah pada ibu hamil trimester III di Puskesmas Juwiring Kabupaten Klaten
Rancangan Penelitian Penelitian ini adalah penelitian quasy eksperimen dengan desain non equivalent pre and post test control group design. Teknik pengambilan sampel dengan metode purposive sampling. Jumlah subjek sebanyak 18 Subjek dibagi dalam 2 kelompok (TENS dan Kinesio taping).TENS yang digunakan intelect TENS, kinesio taping yang digunakan’Spol Kinematics Tex’. Terapi dilakukan selama 6x (2 kali dalam 1 minggu). Pengukuran  skala nyeri menggunakan NRS. Analisa data menggunakan ujiwilcoxon dan mann whitney.
Hasil penelitian Ada perbedaan antara terapi TENS dan terapi kinesio taping dengan nilai p-value 0,007.
Simpulan Transcutaneous electrical nerve stimulation lebih efektif menurunkan skala nyeri punggung bawah ibu hamil trimester III dibanding dengan kinesio taping.
Kata Kunci: TENS, Kinesio Taping, Nyeri Punggung Bawah
Penulis: Sri Wahyuni, Abkar Raden, Evi Nurhidayati
Kode Jurnal: jpkeperawatandd160328

Artikel Terkait :