PERBANDINGAN PEMBERIAN SUPLEMEN MULTI MICRONUTRIEN DAN TABLET FE TERHADAP PENINGKATAN HEMOGLOBIN, HEMATOKRIT PADA IBU HAMIL DI PUSKESMAS PRAMBANAN KLATEN DAN PUSKESMAS PRAMBANAN SLEMAN


Abstract: Latar belakang Kehamilan merupakan masa yang sangat penting, terjadi peningkatan kebutuhan akan zat gizi besi, tetapi selama kehamilan terjadi defisiensi kebutuhan zat besi,  yang berakibat terjadinya anemia pada  ibu hamil, peningkatan kejadian morbiditas dan mortalitas pada ibu dan janin. Prevalensi anemia pada ibu hamil masih cukup tinggi, di Indonesia berkisar  37, 1%.
Penanganan anemia defisiensi gizi adalah pemberian  multi mikronutrien dan  suplementasi besi merupakan salah satu cara yang  efektif untuk meningkatkan kadar hemoglobin dan hematokrit.
Tujuan Mengetahui  perbandingan pemberian  multi mikronutrien dan suplementasi Fe, terhadap peningkatan kadar hemoglobin dan kadar hematokrit pada ibu hamil.
Metode Disain penelitian ini adalah quasi experimen,  rancangan  Group pretest posttest. Populasi ibu hamil trimester I yang berkunjung ke Puskesmas Prambanan Klaten dan Sleman, besar sampel diambil dengan rumus Lameshow dengan tehnik pengumpulan Quota Sampling didapatkan 22 orang kelompok intervensi dan 22 kelompok kontrol, analisis dengan menggunakan T test dan multivariat menggunakan Regresi Linier, pada penelitian ini dilakukan pengukuran kadar hemoglobin, hematokrit awal dan akhir, kelompok intervensi diberi multimikro nutrien dan kelompok kontrol di beri suplemen Fe di konsumsi selama 4 minggu.
Hasil  Setelah pemberian multi mikronutrient rerata peningkatan kadar Hb responden intervensi   1,32 gr% dan kadar Hct 4,27. Pada kelompok kontrol kadar Hb  1,11 gr% dan Hct  3,13%.
Kata kunci:  Multi mikronutrient, tablet Fe, ibu hamil trimester I, hemoglobin, hematokrit
Penulis: Enderia Sari
Kode Jurnal: jpkeperawatandd160326

Artikel Terkait :