PENGARUH SENAM KAKI TERHADAP ANKLE BRACHIAL INDEX (ABI) PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE II


Abstract: Peneltian telah membuktikan bahwa aktivitas dapat meningkatkan aliran darah ke jaringan pada orang normal. Namun demikian, apakah pengaruh yang sama bias ditimbulkan pada pasien yang mengalami gangguan peredaran darah tepi akibat diabetes mellitus masih perlu dibuktikan lagi. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh senam kaki terhadap  Ankle Brachial Index pada pasien diabetes mellitus tipe 2.
Metode penelitian : Jenis penelitian ini quasy experimental dengan desain penelitian one-group pre-post test with control design. Sampel penelitian ini adalah 40  pasien penderita diabetes melitus tipe II di wilayah kerja Puskesmas Ngawen.. sampel dibabagi menjadi 2 kelompok, yaitu 20 kelompok eksperimen dan 20 kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan berupa senam kaki DM selama 1bulan, dilakukan 2  hari sekali.   Pemeriksaan  Ankle Brachial Index (ABI) dilakukan  sebelum perlakuan dan  satu hari setelah perlakuan terakhir . Untuk mengetahui perngaruh  senam terhadap ABI digunakan Uji statistik T-test.
Hasil penelitian : Rrata-rata ABI kelomok eksperimen  sebelum perlakuan adalah 0,800 dan menjadi 1,005 setelah perlakuan . Rata-rata  ABI kelompok konrol pada saat pretest adalah 0,775 dan pada tahap postest menjadi 0,830, p value 0,000 (p < 0,05)
Kesimpulan : Senam kaki efektif dalam meningkatkan ABI yang berarti efektif dalam  perbaikan sirkulasi darah pada kaki pasien diabetes melitus tipe II di wilayah kerja Puskesmas Ngawen Kabupaten Klaten.
Kata kunci: senam kaki,  Ankle Brachial Index (ABI), diabetes mellitus tipe II
Penulis: Saifudin Zukhri
Kode Jurnal: jpkeperawatandd170140

Artikel Terkait :