TINDAK LANJUT RUJUKAN PADA KASUS PERDARAHAN POST PARTUM PRIMER OLEH BIDAN DESA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BAYAT, KABUPATEN KLATEN


Abstract: Perdarahan post partummerupakan penyebab utama dari hampir seperempat kematian ibu secara global. Walaupun seorang perempuan bertahan hidup setelah mengalami perdarahan pasca persalinan, namun selanjutnya bisa mengalami anemia berat dan masalah kesehatan yang berkepanjangan. Selain perdarahan, kematian ibu biasanya terjadi karena tidak mempunyai akses kepelayanan kesehatan ibu yang berkualitas, terutama pelayanankegawatdaruratan tepat waktu.Sistem rujukan merupakan komponen vital dalam menyukseskan program persalinan.
Tujuan: Menjelaskan tindak lanjut sistem rujukan pada kasus perdarahan post partum primer oleh Bidan Desa di wilayah kerja Puskesmas Bayat, Kabupaten Klaten.
Metode: Pendekatan kualitatif dengan desaindeskriptif fenomenologi dan pendekatan waktu retrospective. Penelitian dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Bayat Kabupaten Klaten pada bulan Oktober s.d. Desember 2016 dengan informan utama Bidan Desa.Pengumpulan informasi menggunakan teknik wawancara mendalam dan studi dokumentasi.
Hasil:Tindak lanjut sistem rujukan meliputi tindak lanjut klinis, administratif dan prosedural terlaksana dengan baik.Pasien yang kontrol di tempat praktik Bidan Desa diberikan asuhan nifas dan disesuaikan dengan keluhan pasien.Mayoritas pasien rujukan melakukan kontrol ke Bidan Desa karena kepercayaan kepada Bidan. Semua informan melakukan pencatatan rujukan di buku register. Semua informan melaporkan kasus rujukan ke Puskesmas Bayat setiap akhir bulan.Belum semua informan melakukan evaluasi internal.Semua Bidan Desa berkomunikasi dengan pasien/ keluarga paska merujuk.Mayoritas RS tidak berkomunikasi dengan Bidan Desa setelah rujukan terjadi.
Simpulan: Tindak lanjut sistem rujukan pada kasus perdarahan post partum primer oleh Bidan Desa di wilayah kerja Puskesmas Bayat sudah baik, namun komunikasi dua arah antara Rumah Sakit dengan Bidan Desa masih perlu diperbaiki.
Kata Kunci: Sistem rujukan, Perdarahan post partum primer
Penulis: Piscolia Dynamurti Wintoro, Djaswadi D, Endang Koni S
Kode Jurnal: jpkeperawatandd170141

Artikel Terkait :