HUBUNGAN TIPE KEPRIBADIAN DENGAN REAKSI SIBLING RIVALRY PADA ANAK PRASEKOLAH USIA 3-5 TAHUN DI DESA SUMPUT SIDOARJO


Abstract: Masa prasekolah merupakan masa golden age, pada masa ini perkembangan kepribadian dibentuk (Ahmad, 2011). Kepribadian anak dapat mempengaruhi reaksi anak akibat kehadiran adik dalam keluarga dan dapat mempengaruhi besarnya reaksi sibling rivalry pada anak (Priatna dan Yulia ,2006). Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan tipe kepribadian dengan reaksi Sibling rivalry pada anak prasekolah usia 3-5 tahun.
Desain penelitian ini menggunakan rancangan penelitian korelasional cross-sectional untuk mengetahui hubungan Tipe Kepribadian dengan Reaksi Sibling Rivalry pada Anak Prasekolah Usia 3-5 tahun. Populasi dalam penelitian ini adalah 33 ibu yang mempunyai anak prasekolah usia 3-5 tahun. Pengambilan sampel dengan tehnik Simple Random Sampling sebanyak 30 ibu yang mempunyai anak prasekolah usia 3-5 tahun. Data dianalisa dengan menggunakan Uji Koefisien Kontingensi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tipe kepribadian terbanyak adalah tipe extrovert dengan proporsi (53,3%), reaksi sibling rivalry terbanyak adalah sedang dengan proporsi (80%). Hasil uji Koefisien Kontingensi ρ = 0.002,karena ρ <0.05 berarti Ho ditolak yang berarti ada hubungan tipe kepribadian dengan reaksi sibling rivalry pada anak prasekolah usia 3-5 tahun di Desa Sumput Sidoarjo.
Implikasi hasil penelitian menunjukkan tipe kepribadian dapat mempengaruhi reaksi sibling rivalry. Diharapkan orang tua dapat memberikan stimulasi sejak dini kepada anak agar membentuk kepribadian yang baik dan dapat mengurangi reaksi sibling rivalry pada anak
Kata Kunci: tipe kepribadian, reaksi sibling rivalry, usia prasekolah
Penulis: Diyah Arini, Dwi Ernawati
Kode Jurnal: jpkeperawatandd140577

Artikel Terkait :