FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEBIASAAN BERPANTANG MAKANAN PADA IBU NIFAS SELAMA MASA PURPUERIUM DINI


Abstract: Makanan dan minuman merupakan faktor yang sangat penting bagi ibu nifas untuk memulihkan kesehatan kembali, juga membantu pembentukan dan pengeluaran air susu ibu. Bila ibu kurang mendapatkan zat-zat gizi makanan dan minuman yang cukup dan berkualitas tinggi maka air susu yang dikeluarkan akan berkurang dan tidak berkualitas tinggi. Dimana pada tingkat pendidikan, pengetahuan dan type keluarga dalam menerima dan memahami informasi tentang isi pada masa post partum masih terbatas.
Desain penelitian ini menggunakan metode cross sectional. Metode sampling yang digunakan adalah non probability purposive sampling.Sampel yang diambil sebanyak 20 responden yaitu ibu nifas yang mempunyai kebiasaan berpantang makanan selama masa purpuerium dini diwilayah kerja puskesmas kamal.Data penelitian ini diambil dengan menggunakan kuesioner. Setelah ditabulasi data yang ada dianalisis dengan tabulasi silang dan uji chi-square dengan tingkat kemaknaan 0,05.
Setelah analisa maka didapatkan hasil responden menurut tingkat pendidikan sebagian besar SMA (45%), tingkat pengetahuan sebagian besar berpengetahuan cukup (40%) dan type keluarga sebagian besar keluarga nuclear (65%). Dari hasil uji chi-square didapat ada hubungan antara tingkat pendidikan (p=0,028)terhadap kebiasaan ibu nifas, ada hubungan antara tingkat pengetahuan(p=0,049)terhadap kebiasan ibu nifas dan ada hubungan antara type keluarga (p=0,044) terhadap kebiasaan ibu nifas.
Melihat hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara tingkat pendidikan, pengetahuan dan type keluarga terhadap kebiasaan  ibu nifas berpantang makanan. Untuk itu diharapkan perawat atau tenaga kesehatan lebih aktif dalam memberikan penyulahan kepada ibu nifas dan keluarga mengenai kebutuhan gizi ibu nifas untuk menunjang kesehatannya dan menjaga produksi ASI
Kata kunci: Kebiasaan berpantang makanan, Pendidikan, Pengetahuan, Type keluarga
Penulis: Nuris Kushayati
Kode Jurnal: jpkeperawatandd140576

Artikel Terkait :