HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU BALITA TENTANG POSYANDU DENGAN MOTIVASI KUNJUNGAN KE POSYANDU


Abstract: Seorang ibu yang memiliki pengetahuan akan kesehatan keluarga merupakan kunci untuk membentuk perilaku sehat, yang selanjutnya akan sadar dan termotivasi untuk memanfaatkan layanan kesehatan di pos pelayanan terpadu.  Namun dalam kenyataanya fenomena yang terjadi di Desa Gayaman Kec. Mojoanyar - Mojokerto motivasi ibu untuk melakukan kunjungan ke posyandu masih kurang disebabkan karena berbagai hal seperti, ibu malas karena sibuk bekerja dan anak sudah mendapatkan imunisasi lengkap.
Penelitian ini menggunakan desain Cross Sectional, Analitik dengan populasi  Ibu yang memiliki balita di Desa Gayaman Kec. Mojoanyar - Mojokerto sejumlah 64 orang dan pengambilan sampelnya menggunakan Purposive Sampling dengan jumlah sampel 55 orang.Instrumen pengumpul data menggunakan kuesioner dan skala Likert.Uji statistik yang digunakan adalah Man Witney.
 Hasil Penelitian menunjukkan bahwa hampir setengahnya (40,0%) responden yang berpengetahuan kurang sebanyak 22 orang, (34,5%) mempunyai motivasi negatif berkunjung ke posyandu sebanyak 19 orang dan sebagian kecil (5,5%) motivasi positif 3 orang. Hampir setengahnya (32,7%) Responden yang berpengetahuan cukup sebanyak 18 orang, sebagian kecil (3,6%) dengan motivasi positif 2 orang dan hampir setengahnya (29,1%) motivasi negatif 16 orang. Sedangkan hampir setengahnya (27,3%) yang berpengetahuan baik sebanyak 15 orang, sebagian kecil (16,4%) dengan motivasi negatif sebanyak 9 orang dan (10,9%) motivasi positif 6 orang
Melalui uji Man Witney didapatkan nilai ρ = 0,023 < 0,05 yang berarti ada hubungan antara pengetahuan ibu balita tentang posyandu dengan motivasi kunjungan ke posyandu.
Maka diharapkan lahan praktek dapat menyusun program posyandu berisi kegiatan-kegiatan yang melibatkan ibu-ibu yang mempunyai balita, dan seorang kader yang aktif dalam memberikan informasi tentang posyandu kepada ibu balita itu dapat memotivasi mereka untuk selalu berkunjung ke posyandu disamping itu seorang bidan juga harus lebih aktif dalam kunjungan kerumah untuk memantau kesehatan balita
Kata kunci: Pengetahuan, Posyandu, Motivasi
Penulis: Titiek Idayanti
Kode Jurnal: jpkeperawatandd140578

Artikel Terkait :