Hubungan Tingkat Kepatuhan Diet terhadap Kadar Glukosa Darah pada Penderita Diabetes Mellitus di Kelurahan Bulusulur


Abstract: Diabetes mellitus (DM) merupakan penyakit metabolik yang kronik yang disebabkan oleh kegagalan pankreas untuk memproduksi insulin sehingga mengakibatkan ketidakseimbangan tubuh dalam menggunakan makanan secara efisien. Prevalensi penyakit DM di Jawa Tengan menempati urutan kedua dari atas dari seluruh penyakit tidak menular sebesar 18,3%.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara tingkat kepatuhan diet dengan kadar glukosa darah pada pasien DM.
Desain penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien DM di kelurahan Bulusulur sebanyak 65 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling sehingga jumlah sampel sama dengan jumlah populasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji Chi Square didapatkan 43, 384 dengan p-value sebesar 0,000 sehingga dinyatakan terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat kepatuhan diet dengan kadar glukosa darah pada pasien DM di Kelurahan Bulusulur.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya hubungan antara tingkat kepatuhan diet dengan kadar glukosa darah pada pasien DM.
Kata Kunci: Tingkat kepatuhan, kadar glukosa darah, Diabetes Mellitus
Penulis: Yohanes Wahyu Nugroho, Nugroho Priyo Handono
Kode Jurnal: jpkeperawatandd170024

Artikel Terkait :