EFEKTIVITAS PENYULUHAN KESEHATAN TENTANG PROGRAM PERENCANAAN PERSALINAN DAN PENCEGAHAN KOMPLIKASI TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN P4K PADA IBU HAMIL DI WILAYAH PUSKESMAS KARANGNONGKO KLATEN


Abstract: Latar belakang penelitian, penanggulangan AKI di Indonesia sebesar 214/100.000 kelahiran hidup dan AKB sebesar 34/1.000 kelahiran hidup dapat dilakukan dengan terobosan P4K sebagai wujud kepedulian masyarakat untuk persiapan dan tindak dalam menyelamatkan ibu dan bayi baru lahir. Penyuluhan P4K diperlukan ibu hamil sehingga pengetahuan ibu meningkat dan program perencanaan persalinan dan pencegahan komplikasi dapat teratasi secara dini. Wawancara pada 20 ibu hamil di Puskesmas Karangnongko, hanya 50% ibu hamil yang mengerti tentang P4K.  penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penyuluhan kesehatan tentang program perencanaan persalinan dan pencegahan komplikasi terhadap peningkatan pengetahuan P4K pada ibu hamil.
Metode penelitian adalah quasy experiment dengan rancangan one-group pra-post test design. Populasi penelitian adalah semua ibu hamil di wilayah Puskesmas Karangnongko Klaten di bulan November 2013 sebanyak 249 orang. Pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling dan diperoleh sebanyak 71 responden. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Data di analisis menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan ibu hamil tentang P4K sebelum diberi penyuluhan adalah kurang sebanyak 37 responden (52,1%) sedangkan setelah diberi penyuluhan adalah cukup sebanyak 38 responden (53,5%), p value sebesar 0,001 (p < 0,05).
Kesimpulan penelitian ini adalah penyuluhan kesehatan tentang program perencanaan persalinan dan pencegahan komplikasi efektif terhadap peningkatan pengetahuan P4K pada ibu hamil di wilayah Puskesmas Karangnongko Klaten. Saran bagi ibu hamil yaitu agar melakukan perencanaan persalinan sejak awal serta mengenali adanya tanda bahaya kehamilan dan persalinan sejak awal.
Kata kunci: Efektivitas, Penyuluhan Kesehatan, P4K
Penulis: Sri Wahyuni, Endang Wahyuningsih
Kode Jurnal: jpkeperawatandd160332

Artikel Terkait :