PENGARUH KOMBINASI VITAMIN C DAN E MALONDIALDEHID (MDA) OVARIUM PADA TIKUS YANG TERPAPAR MONOSODIUM GLUTAMATE (MSG)


Abstract: Monosodium Glutamat (MSG) adalah asam amino glutamat, jika mengkonsumsinya secara berlebihan akan menyebabkan kerusakan pada sistem reproduksi dalam hal sekresi hormon.
Tujuan : Penelitian ini untuk membuktikan pengaruh kombinasi vitamin C dan E terhadap Malondialdehid (MDA) ovarium pada tikus yang dipapar Monosodium Glutamate (MSG).
Metode : Desain penelitian yang digunakan adalah Eksperimen murni dengan rancangan post test control group, terdapat 25 tikus yang terbagi dalam 5 kelompok  yaitu K(-) adalah kontrol negatif, K(+)MSG 140 mg/ 200gBB , PI kelompok tikus yang mendapat MSG 140 mg/ 200gBB+vitamin C 0,2 mg/gBB+vitamin E 0,04IU/gBB, PII MSG 140 mg/ 200gBB+vitamin C 0,4 mg/gBB+vitamin E 0,04IU/gBB, PIII MSG 140 mg/ 200gBB+vitamin C 0,8 mg/gBB+vitamin E 0,04IU/gBB selama 6 minggu. pengukuran MDA dengan metode Spektrofotometry. Analisis data menggunakan one way ANOVA yang dilanjutkan dengan Uji Beda Nyata Terkecil
Kesimpulan : Terdapat  perbedaan yang signifikan antara K(+) dengan kelompok perlakuan, kombinasi Vitamin C dan E yang dapat mencegah penurunan MDA adalah pada dosis vitamin C 0,8 mg/gBB+vitamin E 0,04IU/gBB. Diduga, kombinasi Vitamin C dan E melalui perbaikan stress oksidatif dapat menurunkan aktifitas MDA pada tikus yang dipapar MSG.
Kata Kunci: Kombinasi Vitamin C dan E,MSG, MDA
Penulis: Wiwin Rohmawati
Kode Jurnal: jpkeperawatandd160333

Artikel Terkait :