EFEKTIFITAS TEH MAWAR TERHADAP PERUBAHAN TEKANAN DARAH PADA PENDERITA HIPERTENSI


Abstract: Bunga mawar di percaya memiliki khasiat dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit. Kandungan mawar seperti linalool pada minyak atsiri, asam malat, asam tartat dan asam sitrat memiliki potensi dalam menurunkan tekanan darah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi efektifitas teh mawar terhadap perubahan tekanan darah pada penderita hipertensi  di desa sajen rt/01 rw/01, kecamatan pacet, kabupaten mojokerto.
Penelitian ini menggunakan disain experiment dengan rancangan one group pretest-postest with control group. Populasi pada penelitian ini sebanyak 30 orang dimana 15 orang sebagai kelompok perlakuan dan 15 orang sebagai kelompok control. Alat ukur yang digunakan adalah sphygmomanometer aneroid dan stetoskope. Data dianalisis dengan uji paired T test dengan nilai α 5%.
Hasil penelitian yang diperoleh pada kelompok perlakuan menunjukkan adanya efektifitas teh mawar terhadap perubahan tekanan darah. Hasil Paired T Test diperoleh nilai Significancy 0.037 dan menunjukkan bahwa nilai p <0,05 yang berarti terdapat efektivitas pemberian teh mawar terhadap penurunan MAP pada penderita hipertensi primer dengan rata-rata penurunan 9,61.
Dari hasil penelitian menunjukkan adanya efektivitas pemberian teh mawar terhadap penurunan MAP pada penderita hipertensi primer. Jika rutin mengkonsumsi teh mawar maka akan terjadi penurunan tekanan darah yang signifikan bagi penderita hipertensi primer
Kata Kunci: Teh Mawar, Hipertensi Primer
Penulis: Anik Supriani, Nur Chasanah
Kode Jurnal: jpkeperawatandd140568

Artikel Terkait :