RANCANG BANGUN SISTEM KONTROL OTOMATIS KOMPOR GAS ELPIJI KONVENSIONAL PADA PROSES PEREBUSAN AIR BERBASIS ARDUINO UNO

Abstrak: Salah satu kegiatan yang berkaitan dengan penggunaan kompor gas elpiji adalah memasak. Memasak terdiri dari beberapa jenis, salah satunya adalah merebus air. Namun, dalam proses perebusan air dapat menimbulkan permasalahan apabila terjadi kelalaian dalam mematikan kompor, diantaranya volume air yang direbus akan menjadi berkurang dan habis, dapat merusak alat masak karena terlalu lama berada di atas kompor, dapat menimbulkan kerugian dalam penggunaan gas elpiji karena tidak efisien dalam penggunaan gas, serta menimbulkan kebakaran.
Penelitian ini dilakukan untuk merancang dan membuat sistem kontrol otomatis pada kompor gas elpiji konvensional dengan jenis kontrol dua posisi (kontrol on-off). Sistem tersebut menggunakan sensor suhu LM35 yang digunakan untuk mendeteksi nilai suhu perebusan air dalam panci. Apabila nilai suhu mencapai nilai setpoint, maka setelah waktu delay 3 menit arduino uno akan memberikan perintah untuk mematikan kompor melalui pergerakan motor servo. Sehingga, dengan adanya sistem kontrol tersebut dapat mengatasi permasalahan akibat kelalaian dalam mematikan kompor.
Dari hasil pengujian diperoleh bahwa saat nilai suhu telah mencapai nilai setpoint, maka setelah delay waktu 3 menit kontroler arduino uno akan mengirimkan sinyal digit 1 ke servo driver untuk mematikan kompor melalui motor servo.
Kata Kunci: Kompor Gas Elpiji Konvensional, Kontrol Dua Posisi (Kontrol On-Off), Sensor Suhu,   LM35, Motor Servo, Arduino Uno
Penulis: Fida Jazilatur Rohma, Puput Wanarti Rusimamto
Kode Jurnal: jptlisetrodd170102

Artikel Terkait :