RANCANG BANGUN SIMULATOR MINIMUM SYSTEM MIKROPROSESOR 8088 BERBASIS ARDUINO UNO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MIKROPROSESOR DI JURUSAN TITL SMK RADEN PATAH KOTA MOJOKERTO

Abstrak: Penelitian ini dilatar belakangi karena guru masih mengalami kesulitan dalam membuat media pembelajaran berupa alat praktikum. Guru hanya menggunakan media slide penjelasan melalui power point dan jobsheet praktikum tanpa adanya media praktikum berupa alat praktik. Kondisi ini mengakibatkan siswa tidak bisa mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui hasil pengujian alat yang dibuat sebagai media pembelajaran; (2) Mengetahui kelayakan media simulator dan jobsheetnya; (3) Mengetahui hasil respon siswa terhadap media Simulator dan Jobsheet.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Tahap penelitian yang digunakan mengacu pada metode R&D oleh Sugiyono yang dimodifikasi menjadi 4 fase. Fase 1 berupa potensi, masalah dan pengumpulan data; fase 2 berupa desain produk; fase 3 validasi dan revisi desain; fase 4 uji coba produk, Analisis data dan pelaporan. Hasil penelitian ini adalah media praktikum berupa Simulator dan Jobsheet minimum system mikroprosesor 8088 yang akan diuji cobakan pada siswa kelas IX SMK Raden Patah pada mata pelajaran Mikroprosesor. Hasil uji alat menunjukkan keterangan yang linier dengan teori, proses kerja simulator dapat mensimulasikan cara kerja dari proses write RAM Mikroprosesor. Media pembelajaran berupa Simulator dan Jobsheet menunjukkan kategori sangat valid dengan prosentase berturut 94.5% dan 86.3 %. Sedangkan untuk respon siswa pada media simulator dan jobsheet menunjukkan kategori sangat baik dengan prosentase 83.2 % dan 83.3%.
Kata Kunci: Pengembangan, Simulator, Mikroprosesor 8088, Research & Develoopment (R&D)
Penulis: RANDY ADE ANGGARA
Kode Jurnal: jptlisetrodd160440

Artikel Terkait :