PENGEMBANGAN TRAINER MIKROKONTROLER ATMEGA 16 SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA STANDAR KOMPETENSI MEMPROGRAM PERALATAN SISTEM OTOMASI ELEKTRONIK YANG BERKAITAN DENGAN I/O BANTUAN MIKROPROSESOR DAN MIKROKONTROLER DI SMKN 2 LAMONGAN

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media pembelajaran trainer yang valid digunakan dalam proses belajar mengajar pada standar kompetensi memahami komunikasi data sinyal digital antar peralatan elektronika sistem otomasi elektronika, (2) mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran yang dikembangkan.
Penelitian pengembangan media pembelajaran ini menggunakan metode penelitian pengembangan, pada penelitian ini hanya menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development) dalam bidang pendidikan. Penelitian ini disajikan merupakan penelitian tentang pengembangan media pembelajaran berbasis trainer yang diujicobakan pada siswa kelas XI TEI di SMKN 2 Lamongan pada mata pelajaran kompetensi kejuruan bab memprogram peralatan system otomasi elektronik yang berkaitan dengan I/O bantuan: mikroprosesor dan mikrokontroler. Penilaian tentang media menggunakan validasi dan angket respon yang diisi oleh siswa.
Hasil dari penelitian ini berupa nilai hasil validasi dan hasil respon siswa. Hasil validasi dari media trainer menunjukkan persentase sebesar 87.3% dengan kriteria valid. Hasil respon siswa diambil dari angket respon menunjukkan persentase sebesar 88.3% dengan kriteria valid, disimpulkan bahwa media pembelajran trainer pada mata pelajaran kompetensi kejuruan di SMKN 2 Lamongan dinyatakan valid karena sudah memenuhi persyaratan kevalidan, dan dapat digunakan pada kegiatan pembelajaran.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Trainer, Mikrokontroler, Mikroprosesor, Interaktif
Penulis: ADIKA IKHWAN SEMPANA, Lilik Anifah
Kode Jurnal: jptlisetrodd170115

Artikel Terkait :