PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUTOPLAY PADA MATA PELAJARAN MENERAPKAN KONSEP ELEKTRONIKA DIGITAL DAN RANGKAIAN ELEKTRONIKA KOMPUTER DI SMK NEGERI 1 DRIYOREJO

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran menggunakan software Autoplay yang valid pada mata pelajaran menerapkan konsep elektronika digital dan rangkaian elektronika komputer di SMK Negeri 1 Driyorejo, (2) mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran menggunakan software Autoplay pada mata pelajaran menerapkan konsep elektronika digital dan rangkaian elektronika komputer di SMK Negeri 1 Driyorejo.
Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Dalam penelitian ini terdapat  7 (tujuh) tahapan, yaitu : (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, dan (7) analisis dan pelaporan. Subjek penelitian adalah 60 siswa kelas X jurusan Teknik Elektronika Industri SMK Negeri 1 Driyorejo pada semester genap tahun ajaran 2015/2016.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) validitas media pembelajaran berbasis Autoplay yang dikembangkan berada pada kriteria sangat valid dengan persentase media pembelajaran sebesar 91,93%, dan (2) respon siswa untuk media pembelajaran yang dikembangkan berada pada kriteria sangat baik dengan persentase sebesar 86,85%.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Autoplay, Research and Development
Penulis: Yongky Pratama
Kode Jurnal: jptlisetrodd170201

Artikel Terkait :