ENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI BERBANTUAN MULTISIM PADA MATA PELAJARAN PENERAPAN RANGKAIAN ELEKTRONIKA DI SMKN 2 SURABAYA

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid dan mengetahui respon siswa setelah menerapkan perangkat pembelajaran berbasis inkuiri berbantuan Multisim Pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika. Sasaran penelitian ini yaitu kelas XI-TAV 3 di SMK Negeri 2 Surabaya tahun ajaran 2016-2017.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang dibatasi menjadi 7 tahapan yaitu: (1) analisis masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; dan (7) analisa dan pelaporan..
Dari hasil penelitian perangkat pembelajara berbasis inkuiri berbantuan Multisim, secara teoritis valid mendapatkan nilai dengan rata-rata sebesar 3,76 dan dapat diuraikan sebagai berikut: (1) Silabus mendapatkan nilai rata-rata sebesar 3.92; (2) RPP mendapatkan nilai rata-rata sebesar 3,74; (3) LKS mendapatkan nilai rata-rata sebesar 3,66 (4) LP mendapatkan nilai rata-rata sebesar 3,72. Hasil respon siswa setelah menerapkan perangkat pembelajaran berbasis inkuiri berbantuan Multisim mendapatkan respon sangat baik dengan mendapatkan nilai rata-rata sebesar 3.38.
Kata Kunci: perangkat pembelajaran, berbasis inkuiri, berbantuan Multisim
Penulis: Ahas Noor Wijayanto
Kode Jurnal: jptlisetrodd170200

Artikel Terkait :