PENGEMBANGAN LKS BERBASIS PROYEK PADA MATA PELAJARAN KERJA BENGKEL DAN MENGGAMBAR TEKNIK KELAS X SMK KAL-1 SURABAYA

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis project based learning yang layak digunakan pada Mata Pelajaran Kerja Bengkel dan Menggambar Teknik berdasarkan:(1) Validitas LKS berbasis PjBL dijadikan sebagai bahan ajar; (2) Efektifitas ditinjau dari hasil belajar siswa setelah menggunakan LKS berbasis PjBL dan; (3) Kepraktisan ditinjau dari respon siswa terhadap LKS berbasis PjBL.
Metode penelitian yang digunakan dalam adalah Research and Development (R&D). Subjek penelitian adalah siswa SMK KAL-1 Surabaya kelas X TAV yang berjumlah 30 siswa. Pada penelitian ini menggunakan 7 dari tahap yang dijelaskan oleh Sugiyono (2014:298), yaitu (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) analisis dan pelaporan. Instrument yang digunakan yaitu lembar validasi LKS, lembar tes hasil belajar, dan lembar angket respon siswa.
Hasil penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa bahan ajar yaitu LKS berbasis PjBL. LKS yang dihasilkan terdiri dari 4 (empat) LKS yaitu LKS 1 yang berjudul “Menggambar Rangkaian Elektronika”, LKS 2 berjudul “Penerapan Rangkaian Elektronika pada Software”, LKS 3 berjudul “Membuat PCB 1” dan LKS 4 berjudul “Membuat PCB 2”. Penyusunan LKS berbasis project based learning (PjBL) yang dikembangkan didalamnya memuat unsur-unsur langkah pembelajaran PjBL, sedangkan hasil uji coba produk dilihat dari hasil validitas produk LKS berbasis PjBL dinyatakan sangat valid dengan persentase sebesar 84,8%. Hasil akhir belajar siswa yang diperoleh dari hasil belajar pada ranah kognitif dan ranah psikomotor dinyatakan sangat efektif di kelas TAV 1 dengan persentase 87,5% diatas nilai KKM. Respon siswa terhadap produk LKS berbasis PjBL dinyatakan sangat praktis dengan persentase sebesar 85,6%. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis PjBL pada Mata Pelajaran Kerja Bengkel dan Menggambar Teknik di SMK KAL-1 Surabaya dinyatakan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa (LKS), Project Based Learning, Valid, Hasil Belajar, Respon
Penulis: Puput Ambar Wati, Agus Budi Santosa
Kode Jurnal: jptlisetrodd170056

Artikel Terkait :