PENGEMBANGAN TRAINER KIT SENSOR BERBASIS ARDUINO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PEMROGRAMAN DI SMKN 1 JETIS

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Trainer KIT Sensor Berbasis Arduino yang baik dan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran teknik pemrograman di SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto. Kelayakan pada penelitian ini dilihat dari tingkat validitas Trainer KIT Sensor berbasis Arduino, keefektivan ditinjau dari ketercapaian kompetensi peserta didik, dan kepraktisan ditinjau dari respon peserta didik.
Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D), sedangkan desain uji coba produk menggunakan One-Shot Case Study. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto dengan menggunakan subyek penelitian peserta didik kelas X TAV 1 yang berjumlah 26 dari 30 peserta didik.
Produk yang dikembangkan ialah Trainer KIT Sensor Berbasis Arduino, Manual Book Trainer, dan lembar kerja (Jobsheet). Instrument yang digunakan yaitu lembar validasi Trainer KIT Sensor Berbasis Arduino, lembar validasi Manual Book Trainer, lembar validasi lembar kerja (Jobsheet), soal tes pengetahuan peserta didik, lembar observasi kompetensi keterampilan peserta didik, dan angket respon peserta didik. Analisis kompetensi peserta didik menggunakan analisis deskriptif untuk mengungkap kompetensi pengetahuan dan ketrampilan peserta didik.
Berdasarkan hasil validasi menunjukan tingkat kevalidan Trainer KIT Sensor Berbasis Arduino 90,42%, tingkat kevalidan Manual Book Trainer 87,27%, tingkat kevalidan lembar kerja (Jobsheet) 82.78%, dan berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa kompetensi peserta didik yang dibelajarkan menggunakan Trainer KIT Sensor Berbasis Arduino memperoleh rata-rata 81,75 dengan nilai terendah ialah 78,8 sedangkan untuk nilai tertinggi ialah 85,35, sedangkan untuk respon peserta didik  memperoleh hasil 82,36%.
Kata Kunci: Trainer KIT Sensor Berbasis Arduino, Manual Book Trainer, lembar kerja, Media Pembelajaran
Penuli: Fajarot Alan Nur
Kode Jurnal: jptlisetrodd170055

Artikel Terkait :